Kabut Asap

Sebelum Shalat istisqa, Menag Berdoa Semoga Kehidupan Kembali Normal

Shalat istisqa juga dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (1/11/2015).

Sebelum Shalat istisqa, Menag Berdoa Semoga Kehidupan Kembali Normal
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Murid dan guru Darul Hikam melaksanakan shalat istisqa berjamaah di halaman Mesjid Darul Hikam, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Rabu (28/10/2015). Kegiatan yang diikuti sekitar seribu siswa SD, SMP dan SMA tersebut bertujuan meminta hujang setelah berbulan-bulan dilanda kekeringan dan kesulitan air. Disamping itu, para siswa pun berdoa agar bencana asap akibat terbakarnya hutan di sebagian negara Indonesia segera teratasi. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Kemarau panjang dan kabut asap yang melanda Pulau Kalimantan, Sumatera, dan sebagian wilayah Jawa ini menggerakkan masyarakat untuk menggelar shalat istisqa.

Mereka berdoa agar hujan segera turun dan membasahi tanah-tanah yang kering kerontang juga menghilangkan kabut asap.

Shalat istisqa juga dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (1/11/2015). Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin memberikan kata sambutan sesaat sebelum mengadakan shalat istisqa.

Dalam sambutannya, ia mengatakan, bahwa Indonesia telah mengalami kekeringan di dua bulan terakhir.

"Bahkan di beberapa tempat ditimpa asap yang luar biasa. Asap tidak hanya mengganggu keseharian tapi juga mengancam keselamatan jiwa saudara-saudara kita," ujar Lukman.

Baca: Kondisi Kian Darurat, MUI Terbitkan Edaran Shalat Istisqa

Oleh karena itu, ujar dia, pada 9 September 2015 Kementerian Agama telah membuat surat edaran yang dikirimkan ke Kementerian Agama di setiap Provinisi, Kabupatan/Kota, serta seluruh sekolah-sekolah agar menunaikan shalat istisqa. Dan untuk pertama kalinya shalat istisqa diadakan adalah pada 19 September.

"Pada 19 September telah diselenggarakan shalat istisqa. Ini adalah yang kedua, dan atas inisiatif dari Wakil Presiden Indonesia, meminta kita untuk kembali menyelenggarakan shalat istisqa," ucap Lukman.

Meski di beberapa tempat telah turun hujan, lanjut Lukman, tapi di sebagian tempat lainnya masih dilanda kekeringan, bahkan asap masih ada di beberapa wilayah.

"Semoga dengan adanya shalat istisqa ini, mengabulkan doa kita untuk turun hujan. Semoga Allah SWT segera menurunkan hujan di semua wilayah tanah air kita. Sehingga kehidupan bisa kembali berjalan normal seperti sedia kala," kata Lukman.

Baca: Berharap Hujan Turun, Murid-murid Sekolah Alam Lakukan Shalat ...

Shalat istisqa yang berlangsung pada pukul 07.15 WIB ini, diikuti oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, jajaran Menteri Kabinet Kerja, Ketua Umum Majelis Umum Indonesia Ma'ruf Amin, dan ribuan masyarakat umum. (Dennis Destryawan)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim


Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved