Ramadhanku

Di BIC juga Ada Terowongan Mina dan 237 Anak Tangga Menuju Puncak Menara

Terdapat dua akses untuk menjangkau bagian puncak menara yakni lift dan jalur tangga.

Di BIC juga Ada Terowongan Mina dan 237 Anak Tangga Menuju Puncak Menara
TRIBUN KALTIM/AYUK FITRI
Tampak kawasan Balikpapan Islamic Center yang diambil dari atas menara pada bagian pintu gerbang masuk masjid, Selasa (7/6/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Setelah hujan mengguyur bangunan kompleks Balikpapan Islamic Center (BIC) pada siang hari, Selasa (7/6/2016), sinar mentari sore menyusul menyinari bangunan masjid yang masih dalam proyek pembangunan dan digadang-gadang sebagai masjid terbesar di Kota Beriman ini.

Ketika pertama kali memasuki gerbang masuk kawasan BIC, sedikit menaiki tanjakan menuju pusat Masjid, tampak sebuah pintu bangunan bernama Gerbang Rasul menyambut kedatangan para jemaah.

Masjid BIC dibangun di atas perbukitan di Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Gerbang Rasul yang ditopang 25 pilar kokoh tersebut merupakan filosofi dari 25 Nabi dan Rasul umat Islam.

Terletak pada bagian selatan dari kompleks utama masjid, pada bagian depan Gerbang Rasul terdapat sebuah menara pemantau yang menjulang tinggi di langit biru.

Baca: Ciri Lokal tak Terlihat pada Desain Arsitektur BIC

Menara yang memiliki ketinggian 62 meter tersebut merupakan bangunan tertinggi yang ada di Kota Balikpapan. Awal desain menara ini sebenarnya akan dibangun pada ketinggian 99 meter. Dan akan disebut sebagai menara Asmaul Husna, merupakan nama-nama Allah yang indah dan baik.

Namun karena masuk dalam zona merah penerbangan sipil ditambah teguran dari pihak Dishub Bandara SAMS yang membatasi ketinggian, bangunan BIC dianggap membahayakan aktivitas penerbangan pesawat.

Akhirnya ketinggian menara dipangkas menjadi 62 meter. Hingga saat ini menara yang awalnya bernama Asmaul Husna ini nantinya akan diganti sesuai kesepakatan pihak terkait.

Pada awal masuk bangunan menara, terdapat sebuah terowongan Mina yang akan dilalui para jemaah. Terowongan berbentuk cekung bercatkan putih ini merupakan kembaran terowongan Mina yang ada di Arab Saudi namun dalam versi mini.

Terdapat dua akses untuk menjangkau bagian puncak menara yakni lift dan jalur tangga, meskipun ketinggian menara ini dikurangi namun tak mengurangi ketinggian bangunan. Masih terdapat 23 tangga yang terdiri dari 237 anak tangga.

Halaman
12
Penulis: Ayuk Fitri
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved