Tips Interior

Mau Mudik Lebaran, Jangan Lupa Bersihkan Kulkas, Ini Caranya

Tak heran kulkas membutuhkan perhatian lebih, saat akan ditinggalkan dalam waktu lama. Saat mudik di hari raya, misalnya.

Mau Mudik Lebaran, Jangan Lupa Bersihkan Kulkas, Ini Caranya
cohomag.com
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO --  Lemari es atau kulkas memiliki peran penting di rumah. Pasalnya, di sinilah berbagai bahan makanan disimpan.

Tak heran kulkas membutuhkan perhatian lebih, saat akan ditinggalkan dalam waktu lama. Saat mudik di hari raya, misalnya.

Untuk menghindari bau tak sedap dan tumbuhnya jamur, lemari es perlu dibersihkan, paling tidak satu hari sebelum ditinggalkan.

Tak seperti kegiatan membersihkan biasa. Ada beberapa langkah ekstra yang perlu dilakukan. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Baca: Simpan Makanan di Kulkas, Perhatikan 6 Hal Ini!

1. Kosongkan lemari es. Keluarkan bahan-bahan makanan yang mungkin membusuk dan berbau tajam, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging.

2. Jika lemari es Anda belum memiliki teknologi no frost , yang dapat mencegah timbulnya bunga es, bersihkan freezer dari bunga es.

3. Setelah lemari es dalam keadaan kosong, matikan aliran listriknya.

4. Bersihkan setiap permukaannya, bagian dalam dan luar. Pastikan setiap permukaannya dalam keadaan kering.

5. Untuk mencegah bau tak sedap, siapkan wadah berisi baking soda atau bubuk vanili. Letakkan wadah di bagian dalam lemari es.

Baca juga: Jangan Asal, di Sini Lokasi yang Tepat Menyimpan Susu UHT di Dalam Kulkas

6. Biarkan pintu lemari es sedikit terbuka, selama ditinggalkan, sehingga terjadi sirkulasi udara yang baik. Ini juga merupakan salah satu usaha menghindarkan lemari es, dari bau tak sedap.

Nah, gampang banget kan cara ngebersihin nya? Mudik lebaran pun aman.(*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved