Breaking News:

Uji Tes Darah Tepi Rampung, Jumlah Warga Penderita Kaki Gajah Terus Bertambah

Jumlah warga di Kabupaten Bulungan yang dinyatakan positif menderita penyakit kaki gajah (filariasis) terus bertambah.

Penulis: Doan E Pardede | Editor: Trinilo Umardini
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan mendatangi rumah warga di kampung Betiang, Desa Salimbatu, untuk mengambil sampel darah, baru-baru ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa diwajibkan mengikuti tes darah tepi tersebut. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Jumlah warga di Kabupaten Bulungan yang dinyatakan positif menderita penyakit kaki gajah (filariasis) terus bertambah.

Dari uji tes darah tepi yang dilakukan kepada seluruh warga Kampung Bentiang, Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas dengan total 140 jiwa, kembali ditemukan dua warga yang darahnya mengandung brugia malayi, cacing penyebab filariasis.

Tes darah tepi ini harus dilakukan menyusul adanya seorang warga kampung tersebut yang baru-baru ini dinyatakan positif menderita filariasis.

Sesuai Standar Operation Prosedur (SOP) yang ada, jika ada warga yang dinyatakan positif menderita kaki gajah, maka seluruh tetangga dalam radius 100 meter-200 meter harus menjalani tes darah.

Dengan demikian, total jumlah warga Kabupaten Bulungan yang kini menderita filariasis tercatat sebanyak 17 orang.

"Didapatkan hasil positif dua orang. Satu laki-laki dan satu perempuan. Yang laki-laki berumur 50 tahun dan yang perempuan berumur 60 tahun," urai Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan, drg Imam Sujono, Selasa (19/9/2017).

Untuk mengonfirmasi hasil temuan ini, lanjutnya, seperti kasus-kasus sebelumnya, kedua sampel darah yang mengandung brugia malayi ini sudah dikirim ke Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Ke depannya, di Kampung Betiang akan diambil sejumlah langkah-langkah, mulai dari penyuluhan, pengobatan khusus, pemantauan, hingga Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Baca: Hadapi Mitra Kukar, Pelatih Arema FC Tak Sabar Bertemu Guru

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved