PLBN Sei Nyamuk dan PLBN Long Midang Dibangun Tahun Ini

Pemprov Kalimantan Utara sedikit merasa lega. Sebab, akhirnya pemerintah (pusat) menyetujui pembangunan Pos Lintas Batas Negara

PLBN Sei Nyamuk dan PLBN Long Midang Dibangun Tahun Ini
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Pertigaan Sei Ular (Nunukan), Seimanggaris (Nunukan), dan Sabah (Malaysia) diabadikan beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Setelah melalui rentetan perjuangan yang panjang, Pemprov Kalimantan Utara  sedikit merasa lega. Sebab, akhirnya pemerintah (pusat) menyetujui pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu di empat titik di kawasan perbatasan Kalimantan Utara.

Keempat lokasi pembangunan yang kemudian dijadikan nama PLBN yakni PLBN Sei Nyamuk, Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, PLBN Labang, Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan, PLBN Long Midang, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan,  dan PLBN Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau.

Keempat PLBN tersebut telah masuk bersama rencana pembangunan 11 PLBN yang tertuang dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2019.

"PLBN ini tidak turun dari langit. Perlu ikhtiar, perjuangan keras, baik disampaikan lisan Pak Gubernur sejak tahun 2015. Saya ingat, tanggal 2 Mei 2017 Pak Gubernur mengirim surat lagi ke Jakarta memohon untuk dibangun PLBN di Kalimantan Utara," sebut Samuel ST Padan Kepala Biro Pengelola Perbatasan Setprov Kalimantan Utara, Selasa (23/4/2019).

Sepanjang tahun 2017 juga, Pemprov Kalimantan Utara membuat kajian pembangunan PLBN Long Midang dan PLBN Long Nawang.

"Dan kita bersyukur kajian itu direspon baik pusat yang  telah disampaikan  Desember 2017," sebut Samuel.

Pada Maret hingga Juni 2018, Kementerian PUPR bersama Pemprov Kalimantan Utara dan kementerian terkait lainnya melakukan survei di tiga titik di Kalimantan Utara.

Pada tanggal 17 Januari 2019 kemudian terbit Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang Kawasan Perbatasan. Dari 11 PLBN, 4 di antaranya berada di Kalimantan Utara.

Dari empat PLBN, PLBN Sei Nyamuk dan PLBN Long Midang akan dibangun tahun 2019 ini. Sedangkan PLBN Labang dan PLBN Long Nawang akan dibangun pada tahun 2020.

Pembangunan PLBN sebut Samuel menjadi bagian program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Jusuf Kalla untuk membangun Indonesia dari pinggiran atau wilayah perbatasan negara.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved