Sejarah Hari Ini

SEJARAH HARI INI: 70 Tahun Lalu Berkumandang Proklamasi Kalimantan, Apa Isinya?

Sejarah Hari Ini, 70 tahun silam tepatnya 17 Mei 1949 rakyat Kalimantan mendeklarasikan Proklamasi Kalimantan.

SEJARAH HARI INI: 70 Tahun Lalu Berkumandang Proklamasi Kalimantan, Apa Isinya?
Kolase sketsahss212.blogspot.com & wikimedia.org
SEJARAH HARI INI: 70 Tahun Lalu Berkumandang Proklamasi Kalimantan, Apa Isinya? 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejarah Hari Ini, 70 tahun silam tepatnya 17 Mei 1949 rakyat Kalimantan mendeklarasikan Proklamasi Kalimantan.

Proklamasi Kalimantan adalah sebuah proklamasi yang menyatakan bahwa Kalimantan bagian yang tak terpisahkan dari Republik Indonesia.

Proklamasi Kalimantan ini lahir sebagai reaksi atas Perjanjian Linggarjati yang menyatakan hanya pulau Jawa yang merupakan wilayah Republik Indonesia.

Mengutip Wikipedia, pada 18 November 1946, Letnan Asli Zuhri dan Letnan Muda Mursyid menemui Brigjen Hassan Basry di Tabat, Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Pertemuan itu untuk membentuk Batalyon Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) DIVISI IV (A), sebagai bagian dari ALRI DIVISI IV yang bermarkas di Tuban, Jawa Timur.

Dengan segera Hassan Basry melaksanakan perintah ini dengan melebur Pasukan Banteng Indonesia dan beberapa organisasi kemiliteran yang ada di Kalimantan.

Sebagai komandan batalyon ditetapkan Letnan Kolonel Hassan Basry, dengan markas di Haruyan.

Penyatuan kesatuan ini membuat operasi militer yang dilaksanakan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan menjadi lebih terarah dan terpadu.

Akibatnya Belanda lebih meluaskan daerah pembersihannya, daerah-daerah yang dianggap sarang pejuang ditembaki dan di bumi hanguskan.

Untuk menghindari kontak langsung dengan Belanda, markas TNI ALRI DIVISI (A) di pindahkan ke Birayang, dekat Barabai sejak awal 1947.

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Januar Alamijaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved