Pilpres 2019

Janji Tak Terwujud, Mahfud MD Pernah Kecewa soal Kursi Menteri, Tapi Sebut Ada Hikmah Dibaliknya

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD ternyata punya pengalaman kurang mengenakkan soal penentuan siapa saja yang akan menjadi menteri.

Janji Tak Terwujud, Mahfud MD Pernah Kecewa soal Kursi Menteri, Tapi Sebut Ada Hikmah Dibaliknya
Kompas/Lucky Pransiska (UKI)
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)Mahfud MD ternyata punya pengalaman kurang mengenakkan soal penentuan siapa saja yang akan menjadi menteri. Namun dia menyebut ada hikmah dibaliknya 

TRIBUNKALTIM.CO - Isu seputar siapa saja yang bakal menjadi menteri Jokowi masih perbincangan hangat.

Yang teranyar, partai-partai pendukung di koalisi Jokowi - Maruf Amin sudah mengajukan daftar yang dinilai layak menjadi menteri Jokowi nantinya.

Dengan berdasarkan perolehan jumlah kursi di DPR antara Partai Nasdem dan PKB, seperti dilansir Kompas.com, maka Partai Nasdem meminta 11 kursi menteri di pemerintahan Jokowi - Maruf Amin 2019-2024 nanti.

Hal ini disampaikan anggota Dewan Pakar Partai Nasdem Taufiqulhadi, yang menurutnya permintaan Partai Nasdem didasarkan pada perbandingan jumlah perolehan kursi antara Partai Nasdem dan PKB di DPR.

"Suara Nasdem kan lebih besar daripada PKB di DPR berdasarkan kursi. Maka, sepantasnya Nasdem mengusulkan 11 (kursi menteri)," kata Taufiq di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menargetkan partainya bisa mendapat 10 kursi menteri apabila pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi - Maruf Amin terpilih pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

"Para ibu kalau kumpul lalu berdoa, doanya manjur. Semoga PKB bisa dapet 10 kursi menteri," kata Muhaimin seusai audiensi PC Muslimat NU di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (27/1/2019), seperti dikutip dari Antara.

Dia mengatakan di Kabinet Indonesia Kerja (KIK) saat ini, PKB mendapatkan empat kursi menteri, yakni menteri pemuda dan olahraga (menpora), menteri desa dan daerah tertinggal, menteri tenaga kerja dan transmigrasi (menakertrans), dan menteri riset, teknologi, dan perguruan tinggi (menristek dikti).

Pada kabinet nanti, menurut Muhaimin, PKB berharap mendapatkan menteri di bidang, keuangan, industri dan usaha kecil dan menengah (UKM).

Sementara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang ingin mendapatkan tambahan kursi di pemerintahan Jokowi mendatang.

Halaman
1234
Penulis: Doan Ebenezer Pardede
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved