PT Pupuk Kaltim

Lestarikan Kearifan Lokal, Pupuk Kaltim Dukung Pesta Rakyat dan Workshop di Kampung Adat Guntung

kebudayaan Kutai di Bontang, tentunya ini bakal menarik para pelancong untuk mengenal budaya Bontang lebih dalam.

Lestarikan Kearifan Lokal, Pupuk Kaltim Dukung Pesta Rakyat dan Workshop di Kampung Adat Guntung
HO - Humas PKT 
LESTARIKAN BUDAYA — Para mahasiswa KKN Universitas Gadjah Mada bersama Pupuk Kaltim dan Ketua Adat Guntung mengabdikan momen di sela-sela pelaksanaan workshop dan Pesta Rakyat di Guntung. Pada kesempatan ini masing-masing pihak berkomitmen untuk mendukung upaya pelestarian kearifan lokal warga setempat. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Kearifan lokal Kota Bontang menjadi khazanah yang harus dilestarikan. PT Pupuk Kaltim terus mendukung upaya pelestarian kearifan lokal dan budaya setempat.

Seperti baru-baru ini, Pupuk Kaltim mendukung kegiatan program workshop dan Pesta Rakyat di Kampung Adat Guntung. Agenda Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada ini digelar meriah.

Kegiatan lomba budaya, seperti lomba tari Jepen, Gasing, Sumpit, workshop hingga fashion show dan pameran makanan khas Kutai mengisi kegiatan ini sehari penuh, Sabtu (10/8/2019).

Staf CSR Pupuk Kaltim, Monika Lasati mengatakan perusahaan sangat mendukung upaya pelestarian kearifan lokal dengan mengangkat isu budaya setempat.

PKT Salurkan Beasiswa Penuh untuk 46 Pelajar dan Mahasiswa Bontang

UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Ratusan Sembako ke Warga Guntung, Bantu Mustahik Jelang Idul Adha

Menurutnya, Guntung kaya dengan potensi budaya dan wisata yang bisa dikembangkan lebih lanjut. “Kekayaan budaya lokal kita harus dilestarikan, kami bakal terus mendukung upaya pelestarian budaya Guntung,” ujarnya.

Ia mengatakan, selama ini Pupuk Kaltim senantiasa mendukung program-program mahasiswa KKN di sekitar wilayah Bufferzone PKT. Melalui program mahasiswa diharapkan bisa menggali potensi di wilayah sekitar perusahaan.

Sementara itu, Ketua Adat Guntung, Ismail mengapresiasi program para Mahasiswa KKN UGM di Guntung. Dia pun berterima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim dalam pembinaan kepada mahasiswa hingga acara ini bisa terselenggara.

Pupuk Kaltim mendukung kegiatan program workshop dan Pesta Rakyat di Kampung Adat Guntung. Agenda Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada ini digelar meriah.
Pupuk Kaltim mendukung kegiatan program workshop dan Pesta Rakyat di Kampung Adat Guntung. Agenda Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada ini digelar meriah. (HO - Humas PKT )

Kedepan, pihaknya bersama stakholder terkait bersama-sama melanjutkan program ini dengan lebih baik. Menurutnya, potensi Guntung menjadi objek wisata budaya bisa dikembangkan.

“Rumah adat ini kedepan bakal dihidupkan kembali sebagai pusat kebudayaan Kutai di Bontang, tentunya ini bakal menarik para pelancong untuk mengenal budaya Bontang lebih dalam. Tentunya akan kami tingkatkan fasilitas dan perlengkapan kebudayaan guna menunjang sebagai pusat budaya,” ujar Ismail.

Pupuk Kaltim Tunjuk Kampung Aren jadi Wilayah Percontohan Kampung Ramah Disabilitas

Ciptakan SDM Mahasiswa Berdaya Saing Global, Pupuk Kaltim Gelar Program Pemagangan Batch 2

Ketua unit KKN UGM Guntung dan Loktuan, Litvina dan Ganang Novita Tama menerangkan kegiatan pesta rakyat juga digelar di Kelurahan Loktuan. Hanya saja, di Loktuan konsep mengusung eko wisata.

Dari hasil observasi selama KKN, pihaknya menuturkan masih banyak potensi yang bisa dikembangkan di dua daerah bufferzone ini. Kedepan, diharapkan kegiatan ini semakin sering digelar sebagai upaya pelestarian budaya setempat.(*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved