Perbatasan Indonesia Malaysia

Desa Maspul di Perbatasan Indonesia-Malaysia Wajibkan Tes Urine Bagi yang Mau Menikah

di Provinsi Kaltara ini sudah ada kelompok penggiat anti narkoba yang berada di suatu desa di daerah perbatasan Kaltara , tepatnya di Desa

Desa Maspul di Perbatasan Indonesia-Malaysia Wajibkan Tes Urine Bagi yang Mau Menikah
ISTIMEWA
Jalan perbatasan di Pulau Sebatik Kalimantan Timur yang berbatasan dengan Malaysia. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Untuk melakukan pencegahan masuknya peredaran narkoba di daerah yang ada di Provinsi Kaltara, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara akan lebih memperbanyak kelompok-kelompok pengiat anti narkoba di Kaltara.

Menurut Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Herry Dahana, di Provinsi Kaltara ini sudah ada kelompok penggiat anti narkoba yang berada di suatu desa di daerah perbatasan Kaltara , tepatnya di Desa Maspul di Sebatik Kabupaten Nunukan Kecamatan Sebatik Tengah.

"Desa Maspul ini merupakan salah satu desa yang menjadi pilot project dari BNN Pusat sebagai Desa Bersinar. Sebab desa ini memiliki fakta integritas dalam menghindari dan mencegah narkoba," ucapnya, Senin (2/9/2019) usai melakukan silaturahmi dengan Forkompinda di Kantor BNNP Kaltara di Kota Tarakan.

Kaltara Zona Merah Peredaran Narkoba, Desa Maspul Sebatik jadi Percontohan Desa Anti Narkoba

Herry mengatakan, di dalam fakta integritas ini masyarakat di Desa Maspul telah berkomitmen untuk mencegah narkoba masuk ke dalam desanya, salah satunya dengan memberlakukan persyaratan kepada warganya yang akan menikah.

"Warga Desa Maspul yang akan menikah wajib dilakukan tes urine untuk mengetahui apakah menggunakan narkoba atau tidak. Kalu dinyatakan bebas narkoba baru dapat izin menikah. Coba sampai segitunya komitmen di Desa Maspul ini," ujarnya.

Alasan Desa Maspul dipilih sebagai pilot project dari BNN Pusat, kata Herry, karena adanya masukkan dari BBN daerah setempat dan BNNP Kaltara yang telah melakukan penelitian terhadap Desa Maspul ini yang memiliki komitmen kuat mencegah narkoba.

BNNP Lampung Sita 3 Kg Sabu dan 1.200 Butir Ekstasi, Dua Tersangka Diamankan

Menurut Herry, melihat komitmen yang dilakukan Desa Maspul itu, ia menargetkan desa dan kelurahan di Kaltara ini dapat seperti Desa Maspul.

"Desa Maspul ini baru awal tahun ini melakukan komitmen fakta integritas tersebut. Saya yakin desa dan kelurahan di Kaltara bisa melakukannya. Sebab desa ini pula yang membantu kami dalam memberikan informasi apabila ada narkoba masuk di wilayah Kaltara," ucapnya.

Kratom, Daun Asal Kalimantan yang Akan Dilarang BNN Diekspor ke Amerika Senilai Jutaan Dolar 

Herry sangat yakin, Desa dan kelurahan di daerah Kaltara mampu melakukannya, asalkan adanya komitmen dan konsisten memerangi narkoba.

Dalam kelompok pengiat anti narkoba, kata Herry pihaknya bersama intansi terkait akan melakukan talk show membicarakan pencegahan narkoba.

Halaman
12
Penulis: Junisah
Editor: Martinus Wikan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved