Berita Balikpapan Terkini

Gerbang Pembayaran Nasional Merambah ke Kalangan Mahasiswa ITK Balikpapan

Bank Indonesia senantiasa berkomitmen untuk konsisten dalam meningkatkan awareness masyarakat demi Sistem Pembayaran yang efisien.

Gerbang Pembayaran Nasional Merambah ke Kalangan Mahasiswa ITK Balikpapan
TribunKaltim.Co/Siti Zubaidah
Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggandeng Institut Teknologi Kalimantan (ITK) untuk menyelenggarakan edukasi dan sosialisasi terkait GPN pada Kamis 12 September 2019. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi ke kalangan akademisi terkait Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggandeng Institut Teknologi Kalimantan (ITK) untuk menyelenggarakan edukasi dan sosialisasi terkait GPN pada Kamis 12 September 2019.

Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Muhammad Mashuri selaku Wakil Rektor Bidang Non-Akademik ITK dan Novi Cahyono selaku Asisten Direktur Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terutama mahasiswa tentang Gerbang Pembayaran Nasional.

Video Pilihan:

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto mengatakan GPN merupakan suatu sistem yang menghubungkan berbagai pembayaran elektronik atau transaksi non tunaipada semua instrumen Bank dalam satu sistem pembayaran.

"Manfaat GPN adalah efisiensi sistem pembayaran, meningkatkan keamanan, dan memperkuat ketahanan nasional," kata Bimo.

Edukasi dan sosialisasi tentang GPN disampaikan langsung oleh Asisten Direktur Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Naisonal Bank Indonesia, Novi Cahyono.

Selain itu, Bank Indonesia juga menggelar lomba rangking 1 dan cerdas cermat GPN yang diikuti dengan antusias oleh hampir 300 mahasiswa.

Perbankan pun turut berpartisipasi membuka booth penukaran kartu GPN yaitu BRI, BNI, Mandiri dan BCA agar kalangan akademis dapat langsung menukarkan kartu ATM/Debetnya menjadi kartu GPN.

Bank Indonesia senantiasa berkomitmen untuk konsisten dalam meningkatkan awareness masyarakat demi Sistem Pembayaran yang efisien, aman dan handal.

"Dan mengedepankan perlindungan konsumen," ungkapnya. 

Keberadaan Kampus ITK atau Institut Teknoligi Kalimantan kali ini sedang berbenah, menambah beberapa bangunan untuk kegiatan belajar mengajar, dalam upaya peningkatan sumber daya manusia di bidang teknologi.

"Percepatan peningkatan pembangunan Institut Teknologi Kalimantan," tulis Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved