BPJAMSOSTEK

Pekerja Jasa Kontruksi Wajib Terlindungi, BPJamsostek dan OPD Pemkot Balikpapan Perkuat Kerjasama

Kerjasama yang dilakukan BP Jamsostek bersama Pemkot Balikpapan secara kualitas sudah baik, tetapi secara jumlah perlu ditingkatkan sampai

Pekerja Jasa Kontruksi Wajib Terlindungi, BPJamsostek dan OPD Pemkot Balikpapan Perkuat Kerjasama
HO - BPJamsostek
Dalam kegiatan KSO dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Tirta Dewi; Kepala Bidang Kepesertaan BP Jamsostek cabang Balikpapan, Murniati; serta OPD Kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - BP Jamsostek kantor cabang Balikpapan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perkuat Kerjasama Operasional (KSO) di lingkungan pemerintah kota Balikpapan.

Kegiatan berlangsung di Aula Rumah Jabatan Walikota Balikpapan, Kamis (12/12) lalu.

Dalam kegiatan KSO dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Tirta Dewi; Kepala Bidang Kepesertaan BP Jamsostek cabang Balikpapan, Murniati; serta OPD Kota Balikpapan.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan komitmen antara BP Jamsostek dengan seluruh OPD Pemkot Balikpapan yang memiliki mitra kerja jasa konstruksi.

Untuk mewajibkan seluruh pekerja atau buruh dari awal pengerjaan hingga proses pemeliharaan proyek yang dikerjakan, menjadi anggota BP Jamsostek.

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi di STIE Madani Balikpapan

AGM: Jangan Ada Lagi Pekerja Formal dan Informal yang Belum Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Berubah jadi BP Jamsostek, Begini Penjelasan Kepala Cabang Balikpapan

Murniati mengatakan kegiatan KSO ini merupakan kegiatan kali kedua dilaksanakan oleh BPJamsostek bersama seluruh OPD kota Balikpapan.

"Ini sebenarnya merupakan evaluasi tentang tindak lanjut kesepakatan kami sebelumnya. Kerjasama yang dilakukan BP Jamsostek bersama Pemkot Balikpapan secara kualitas sudah baik, tetapi secara jumlah perlu ditingkatkan sampai saat ini dengan mewajibkan mitra kerjanya dalam perlindungan BP Jamsostek di bidang jasa konstruksi," katanya.

Sementara itu, Tirta Dewi menuturkan mengacu kepada instruksi Walikota Balikpapan tentang pelaksanaan Program BP Jamsostek dan BPJS Kesehatan di kota Balikpapan, dari Dinas Ketenagakerjaan akan mendukung program BP Jamsostek demi meningkatkan perlindungan jaminan sosial kepada seluruh pekerja di kota Balikpapan.

"Komitmen kerjasama operasional kepada OPD akan dilakukan evaluasi secara periodik minimal enam bulan sekali, terkait penyelenggaraan keberhasilan maupun hambatan dalam pelaksanaannya," kata Tirta.

Dan dari hasil kerja sama nantinya akan ditingkatkan menjadi perjanjian kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan, seluruh OPD Pemkot Balikpapan, perusahaan swasta dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang memiliki proyek bidang jasa konstruksi di seluruh wilayah di kota Balikpapan.

"Hal ini dalam rangka peningkatan perlindungan jaminan sosial pada bidang jasa konstruksi. Kami mengimbau kepada seluruh OPD mengikutkan pekerja yang menangani proyek-proyek dalam Program kepesertaan BP Jamsostek. Sebagai contoh dari Dinas Pendidikan, proyek pengadaan gedung sekolah dan perbaikan infrastruktur dimana pekerjanya dapat terlindungi," katanya. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved