Breaking News:

Tingkat Ekonomi Membaik, Jumlah Penduduk Miskin di Kota Balikpapan Menurun Drastis, Ini Catatan BPS

Jumlah penduduk miskin di Balikpapan menurun secara drastis, BPS Balikpapan mencatat penyebabnya adalah ekonomi Kota Balikpapan membaik

Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah
ilustrasi kawasan bisnis Kota Balikpapan yang berada di pusat kota 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jumlah penduduk miskin di Kota Balikpapan menurun secara drastis, dari data Badan Pusat Statistik ( BPS ) Balikpapan mencatat bahwa penyebabnya adalah ekonomi Kota Balikpapan yang membaik.

Kepala BPS Balikpapan Ahmad Zaini mengatakan, penduduk miskin turun dari angka 2,6 persen menjadi 2,42 persen, atau menurun sekitar 800 orang.

"Penyebab turun pertama masyarakat miskin itu merupakan masyarakat yang berpendapatan rendah, dengan perekonomian Balikpapan membaik tentunya masyarakat miskin ikut berkurang karena mereka melakukan kegiatan ekonomi," kata Ahmad Zaini kepada Tribun Kaltim, Rabu (22/2/2020)

Di Balikpapan penduduk miskin tercover melalui aplikasi disetiap Kelurahan, kemudian penduduk miskin yang terdaftar itu ada semacam kegiatan produktif diberikan modal, dan keterampilan dari Pemerintah yakni Dinas Sosial.

"Bsa melalui sektor industr, mengadakan industri mikro atau industri kecil, industri rumah tangga yang disesuaikan dengan keterampilan mereka, namun tetap berkembang," ujar Ahmad Zaini.

Dengan demikian pertumbuhan ekonomi membaik di Balikpapan maka penduduk miskin itu terangkat, dan ekonominya bergerak naik.

Baca Juga;

Dua Pengasuh Yusuf Gazali di PAUD Ditetapkan Sebagai Tersangka, Antara Pasrah dan Sulit Menerima

Temuan Mayat Balita Tanpa Kepala, Guru PAUD Samarinda Ini Tersangka, Begini Respon Ayah Yusuf Gazali

Statistik German Rivero Rekomendasi Mario Gomez, Buat Arema FC Tak Minat Lagi Striker Persib Bandung

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved