Breaking News:

Deteksi Virus Corona di Pintu Masuk, Siapkan Pemindai Suhu Tubuh, Virus Mirip SARS Merenggut 9 Jiwa

Kemenkes Indonesia berusaha mencegah masuknya virus Novel Corona ke tanah air dengan menyiapkan pemindai suhu tubuh.

Editor: Budi Susilo
Tribunkaltim.co/fachmi rachman
Petugas kesehatan pelabuhan melakukan pengecekan suhu tubuh jamaah haji kloter 1 debarkasi Balikpapan saat tiba di Asrama Haji Batakan, Kota Balikpapan, Jumat (8/9/2017) dini hari. Monitoring suhu tubuh ini untuk mencegah masuknya penyakit menular yang tidak sengaja dibawa oleh jamaah 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) Indonesia berusaha mencegah masuknya virus Novel Corona ke tanah air dengan menyiapkan pemindai suhu tubuh atau thermoscanner di 135 pintu masuk bandara.

Langkah ini diambil setelah penyebaran virus makin meluas ke banyak negara, termasuk tetangga. Korban meninggal pun telah bertambah menjadi 9 orang. 

"Kami siapkan thermoscanner di 135 pintu masuk baik udara, laut, maupun darat yang jaga petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kemenkes Anung Sugihantono, yang dikutip dalam laman seskab.go.id, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Menurutnya, termoscanner akan mendeteksi suhu tubuh manusia, di mana jika suhunya mencapai 28 derajat celsius ke atas maka alat melihat postur tubuhnya berwarna merah.

Beberapa negara seperti Vietnam maupun Singapura negara yang paling berbatasan dengan Indonesia, telah mengonfirmasi memiliki pasien virus Corona.

Sementara itu di Indonesia pihak Kementerian Kesehatan memastikan sampai saat ini belum ditemui adanya laporan pasien corona virus.

Baca Juga:

 Curhat 3 Desainer Balikpapan Terkait Tantangan Fashion Lokal Seiring Ibu Kota Baru di Kaltim

 Presiden Jokowi Inginkan Tahun 2024 Pindah Semua, Draf RUU Ibu Kota Baru Masuk Babak DPR

 Alibaba Cloud Bakal Ikut Berperan dalam Pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur

 Ibu Kota Baru Indonesia, Jokowi Ingin Bak London New York Masdar City Konsep Metropolitan Smart City

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Pentakit Menular Langsung, dr Wiendra Waworuntu MKes menyebutkan warga Indonesia yang ada di luar negeri juga belum ada yang dilaporkan terkana virus ini.

Sampai saat ini belum ada yang dicurigai coronavirus. WNI diluar juga belum ada yang terkena coronavirus,” kata dr Wiendra saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Anas Maruf mengatakan, semua pintu masuk negara sudah disiapkan termoscanner.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved