Razia Besar-besaran Kodam VI Mulawarman, Berikut Ini Sasaran Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi PM

Kodam VI Mulawarman menyelenggarakan upacara operasi gaktib dan yustisi yang pelaksanaannya dilakukan oleh pomdam VI Mulawarman.

Razia Besar-besaran Kodam VI Mulawarman, Berikut Ini Sasaran Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi PM
Tribun Kaltim/M Fachri Ramadhani
ILUSTRASI - Operasi Penegakkan dan Ketertiban (Gaktib) kendaraan seluruh anggota Lanud Balikpapan oleh Satuan Polisi Militer Lanud Balikpapan, Kamis (25/1/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kodam VI Mulawarman menyelenggarakan upacara operasi gaktib dan yustisi yang pelaksanaannya dilakukan oleh pomdam VI Mulawarman di halaman Makodam VI Mulawarman Balikpapan, Jumat (14/2/2020).

Dengan tujuan yakni untuk mewujudkan kondisi disiplin dan tata tertib prajurit maupun PNS TNI yang diharapkan dapat mengurangi dan mencegah terjadinya tindak pelanggaran dan kejahatan yang dilakukan oleh prajurit maupun PNS TNI khususnya di lingkungan Kodam VI Mulawarman.

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan bahwa TNI dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya.

"Salah satu ciri dari profesionalitas adalah disiplin yang tinggi dan salah satu upaya TNI dalam memelihara kedisiplinan yang tinggi tersebut melalui gelar operasi penegakan ketertiban dan operasi yustisi," ujarnya.

Ia menerangkan, personel POM TNI harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas serta terlatih, terus menerus berkoordinasi dengan instansi penegak hukum lainnya terkait setiap perkembangan yang ada, agar dapat mencegah terjadinya pelanggaran, mendeteksi secara cepat dan menegakkan hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Di tahun 2020 ini, Pomdam VI Mulawarman sendiri memiliki sasaran operasi gaktib.

Adapun Sasaran operasi gaktib Polisi Militer yaitu meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum prajurit TNI baik perorangan maupun kesatuan, mewujudkan netralitas TNI dalam pilkada tahun 2020, mewujudkan kehidupan prajurit TNI dan prajurit TNI AD yang bebas dari narkotika dan barang-barang terlarang lainnya,

Kemudian juga mewujudkan kehidupan prajurit TNI yang bebas dari korupsi, Mencegah terjadinya penyalahgunaan media sosial oleh prajurit dan PNS TNI beserta keluarganya, dan mencegah terjadinya kesalahpahaman antara Prajurit TNI, TNI AD dengan Polri dan TNI AD dengan masyarakat, serta meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan dan tata tertib bagi prajurit TNI AD.

Tak hanya sasaran untuk operasi gaktib, Pomdam VI Mulawarman juga memiliki sasaran operasi yustisi ditahun 2020 ini.

Yaitu meningkatkan kepatuhan hukum disiplin dan tata tertib prajurit TNI baik perorangan maupun satuan sehingga terhindar melakukan tindak pidana umum dan tindak pidana khusus, terwujudnya prajurit TNI AD yang memiliki kesadaran dan kepatuhan berlalu lintas dan tidak adanya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh prajurit serta kecelakaan lalu lintas.

Halaman
1234
Penulis: Risnawati
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved