Kapolda Kaltim Ikut Padamkan Api, Minta Warga dan Perusahaan Aktif Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

Irjen Pol Muktiono menilai perlu adanya langkah kongkrit dari pemerintah, TNI dan Polri, swasta dan masyarakat mencegah karhutla.

TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
PADAMKAN API - Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono memadamkan api menggunakan jetpump pada acara Simulasi penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Rabu (20/2/2020) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kapolda Kaltim, Irjen Pol Drs. Muktiono, S.H., M.H., dan Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto terlibat langsung memadamkan api dalam simulasi penanggulangan bencana alam serta kebakaran hutan dan lahan.

Aksi keduanya dilakukan saat Apel Pasukan Gabungan Kesiapsiagaan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kamis (20/2/2020).

Apel yang digelar Polda Kalimantan Timur ini diikuti oleh TNI-Polri, BPBD, Basarnas, dan Kesbanglinmas Pol Provinsi Kaltim serta Instansi lainnya.

Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono dan Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto juga memeriksa kesiapan dan pengamanan tanggap bencana ini dengan melihat sejumlah peralatan pendukung.

Kapolda Kaltim mengatakan bahwa penanggulangan Karhutla bukan hal yang asing lagi.

BACA JUGA: 

Kapolda Kaltim Pimpin Rapim Polri Tingkat Polda, Ini Pesannya soal Pilkada Serentak dan PON 2020

Terima Nama Ding Dea Laeng Hong dari Suku Dayak, Kapolda Irjen Muktiono Janji Jaga Nama Tersebut

Kapolda Kalimantan Timur Sebut Tak Ragu Sikat Anggotanya yang Terlibat Narkoba

Apel Pasukan Gabungan Kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam serta kebakaran hutan dan lahan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kamis (20/2/2020).
Apel Pasukan Gabungan Kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam serta kebakaran hutan dan lahan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kamis (20/2/2020). (HO HUMAS POLDA KALTIM)

"Dengan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya dengan kondisi tersebut praktis dapat mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan agar berkurang bahkan mungkin tidak terjadi. Sama halnya di tahun 2020 ini kita bisa meminimalisir dan mencegah karhutla agar tidak terjadi," kata Kapolda.

Halaman
12
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved