Virus Corona di Tarakan

Walikota Tarakan dr Khairul Meninjau Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Kota Tarakan

Walikota Tarakan dr Khairul tinjau ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan, Rabu (1/4/20). Khairul mengatakan 26 tempat tidur disediakan

Tribunkaltim.co, Risnawati
Walikota Tarakan, dr Khairul saat meninjau Rumah Sakit Umum Kota Tarakan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Walikota Tarakan dr Khairul tinjau ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan, Rabu (1/4/20). Khairul mengatakan 26 tempat tidur disediakan untuk ruang isolasi Covid-19.

"Di sini ( RSUKT ) kapasitas kita 46 bed tapi karena di sini juga harus menyiapkan ruangan isolasi Covid-19 ini jadi yang bisa kita gunakan adalah 26 bed," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa sebagian ruangan digunakan sebagai antisipasi jikalau di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Provinsi Kalimantan Utara alami kepenuhan pasien.

"Jadi sebagian ruangan kita gunakan untuk ruang isolasi sebagai antisipasi kalau di RSUD misalnya penuh. Nah semua rumah sakit kita siapkan antisipasinya di sini ( RSUKT ), antisipasi keduanya di RS Bhayangkara," sebutnya.

Sementara itu Ia menerangkan bahwa ruang isolasi tersebut tidak boleh dicampur, sehingga perlu adanya pemisah ruang.

Jadi Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19 di Kaltara, RSUD Nunukan Sediakan 6 Ruang Isolasi

Cegah Virus Corona, RS Pratama Linggang Bigung Kubar Akan Dipakai Ruang Isolasi

"Ruangan isolasi ini gak boleh dicampur-campur kan makanya disekat, jadi memang dipisahkan.Oleh karena itu yang ruangan yang hanya bisa dipakai untuk perawatan pasien lain itu dipisahkan untuk persiapan antisipasi kalau terjadi eskalisi yang cukup meningkat di RSUD Tarakan yang Provinsi. Tapi mudah-mudahan sih tidak terjadi ya," pungkasnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa fasilitas yang diberikan tentunya standar yang ada di ruangan isolasi. "Fasilitas yang diberikan ya standar lah kalau dia gejalanya sesak nafas ya kita beri oksigen, ya tentu ada ventilator, yang paling penting kan ada tempat tidur lah itu yang sudah pasti," jelasnya.

Manfaatkan 4 Rumah Dinas Baru, Pemkab Mahulu Siapkan Ruang Isolasi untuk PDP Covid-19

Berstatus Dokter, Pasien PDP Virus Corona Sulit Dapat Bantuan di Ruang Isolasi, Akhirnya Meninggal

Mengenai APD ( Alat Pelindung diri ),  tenaga medis berinovasi untuk membuat APD alternatif yakni dengan menggunakan jas hujan.

Bahkan untuk masker, mereka membuatnya sendiri dengan menggunakan pelastik mika yang tentunya bisa dicuci kembali. Bisa dicuci, bisa dikasih disinfeksi jadi itu lebih hemat lah. Jadi seperti itu untuk mengatasi kelangkaan ini, karena sekarang ada uang, mau belipun gak ada barangnya," tambahnya.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Tarakan

Penulis: Risnawati
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved