Breaking News:

Virus Corona

Tanggulangi Penyebaran Virus Corona,Paket Internet Gratis Seharusnya Jadi Prioritas utama Pemerintah

Pemerintah sepatutnya memperhatikan pemberian internet gratis kepada masyarakat Indonesia saat hadapi penyebaran virus corona

Kolase TribunKaltim.co / Freepik.com
ILUSTRASI - Peta sebaran Virus Corona di Indonesia 

TRIBUNKALTIM.CO - Menanggapi kebijakan pemerintah terkait penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19), terutama di bidang Pendidikan, sepatutnya pemerintah memperhatikan pemberian internet gratis kepada masyarakat Indonesia.

Keberadaan internet gratis tentu sangat penting saat ini dalam proses belajar dan mengajar. Minimal siswa-siswi tidak lagi pergi ke warung internet atau keluar rumah hanya untuk sekedar membeli paket internet.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah hal tersebut dapat dimungkinkan?

Dengan adanya kebijakan mengenai, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan Atau Stabilitas Sistem Keuangan, khususnya mengenai Kebijakan Keuangan Negara, tentang Penganggaran dan Pembiayaan, pada Pasal 2 huruf e angka 2 menyebutkan menggunakan anggaran yang bersumber dari dana abadi dan akumulasi dana abadi pendidikan”, kebijakan paket internet gratis bisa saja dilakukan pemerintah.

Kebijakan internet gratis dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari dana abadi dan akumulasi dana pendidikan, justru membuat kebijakan pemerintah menjadi tepat sasaran. Pasalnya, kebijakan tersebut mendukung proses kegiatan belajar mengajar di rumah baik di tingkat Sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang saat ini juga melakukan aktifitas belajar mengajar melalui online.

Kita patut mencontoh beberapa negara yang telah mengeluarkan kebijakan internet gratis bagi masyarakat.

Pertama, ada Malaysia yang dalam menangani masalah penyebaran Virus Corona (Covid-19) adalah menggratiskan internet untuk warganya seiiring kebijakan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin melakukan Lockdown atau yang disebut perintah kawalan pergerakan akibat Virus Corona (Covid-19.
Lalu ada Iran.

Menteri Komunikasi dan Informasi Iran menyatakan layanan internet di rumah akan di gratiskan sampai akhir tahun. Dasarnya jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet, sehingga penggunaan internet akan gratis untuk semua.

Yang berikutnya negara Maldives atau Maladewa. Hal ini terlihat dari inisiatif Presiden Ibrahim Mohamed Solih. Untuk memastikan telekomunikasi dan konektivitas internet yang meringankan rutinitas sehari-hari rakyatnya, akses internet gratis diberikan untuk semua orang selama periode isolasi atau karantina.

Berbekal kebijakan tiga negara tersebut, sepatutnya pemerintah Indonesia saat ini mempertimbangkan manfaat pemberian paket internet gratis kepada masyarakat Indonesia. Kebijakan internet gratis sebagai langkah tepat dalam rangka membantu kegiatan produktivitas belajar mengajar di rumah, sekaligus bertujuan mencerdaskan anak bangsa sehingga belajar dirumah menjadi mudah, efektif dan efisien.

Pemberian paket internet gratis oleh pemerintah sangat diperlukan dalam situasi saat ini dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 serta membantu masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari-hari di rumah.

Hal ini tentu sejalan dengan kebijakan pemerintah yang mengeluarkan, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), khususnya Pasal 4 ayat (1) huruf a mengenai pembatasan sosial berskala besar paling sedikit meliputi: Peliburan sekolah dan dan tempat kerja dan di ayat (2) pembatasan kegiatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a menyebutkan harus tetap mempertimbangkan kebutuhan pendidikan, produktivitaas kerja....”

(Sri Wahyuni, S.H., M.H., Dosen Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Editor: ade mayasanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved