Virus Corona di Mahulu

Pemkab Mahulu Siapkan 3 Ruangan Buat Karantina PDP Virus Covid 19, Intip Kesiapan Fasilitas Ini

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu ( Pemkab Mahulu ) melalui Tim Gerak Cepat Penanganan virus virus Covid-19 tetap menyiapkan tempat untuk sebagai

TribunKaltim.co/Febriawan
Ketua Tim Gerak Cepat (TGC) Penanganan virus virus Covid-19, dr Agustinus Teguh Santoso pada Minggu (5/4/2020) pukul 17.00 mengatakan, di Mahulu telah disiapkan tiga fasilitas kesehatan sebagai pusat karantina untuk menjadi tempat isolasi atau perawatan bagi pasien PDP virus Covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Hingga kini belum ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Covid-19 di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu ( Pemkab Mahulu ) melalui Tim Gerak Cepat Penanganan virus virus Covid-19 tetap menyiapkan tempat untuk sebagai rumah sakit sebagai tempat isolasi, maupun beberapa tempat karantina.

Ketua Tim Gerak Cepat (TGC)  Penanganan virus virus Covid-19, dr Agustinus Teguh Santoso pada Minggu (5/4/2020) pukul 17.00 mengatakan, di Mahulu telah disiapkan tiga fasilitas kesehatan sebagai pusat karantina untuk menjadi tempat isolasi atau perawatan bagi pasien PDP virus Covid-19

Tiga fasilitas kesehatan yang di maksud, kata Teguh, yaitu Rumah Sakit Pratama Gerbang Sehat Mahulu (RSP GSM) di Ujoh Bilang, Rumah Sakit (RS) Nawacita Datah Dave di Kampung Long Lunuk (Datah Dawai), Kecamatan Long Pahangai dan Puskesmas Laham yang terletak di Kecamatan Laham, yang baru selesai dibangun.

 Pasien Positif Covid-19 Tambahan di Samarinda, Bukan dari Kluster Manapun, Riwayat ke Acara di Bogor

 Lawan Covid-19, Warga Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan Resmi Karantina Wilayah

 Karantina Wilayah Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan, Begini Penerapan Sistem Keamanannya

"Tiga fasilitas kesehatan itu untuk tempat perawatan atau isolasi bagi PDP Covid, atau pasien yang suspect. Masing-masing di wilayah hulu, ibukota kabupaten dan di daerah hilir," kata Teguh. 

Ketiga fasilitas tersebut, lanjutnya, telah disiapkan lengkap dengan alat kesehatan maupun Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medisnya.

Ditambahkan, selain menyiapkan tiga fasilitas kesehatan tersebut, sebagai antisipasi jika terjadi ledakan kasus dan rumah sakit tidak menampung, Pemerintah Kabupaten juga telah Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menjadi rumah sakit darurat.

"Di BLK kita siapkan, jikalau nanti di Rumah Sakit sudah tidak menampung," tambahnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Pemkab Mahulu juga telah rumah isolasi, yaitu dengan memanfaatkan 4 rumah dinas baru miliki Pemkab Mahulu.

Disebutkan, pada rumah dinas yang belum ditempati tersebut  memiliki kapasitas total 20 kamar, yang nantinya bisa digunakan untuk ruang isolasi, bagi warga yang masuk ODP tapi tidak mau isolasi diri di rumah. 

"Rumah dinas itu tidak ditempati dulu, tapi kita gunakan untuk sebagai rumah isolasi. Ini sebagai antisipasi jika ada banyak orang yang perlu diilokasi secara khusus,” imbuhnya.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Mahulu

( TribunKaltim.co/Febriawan )

Penulis: Febriawan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved