Breaking News:

BPJAMSOSTEK

Donasikan Gaji, Ribuan Relawan Covid-19 di Balikpapan dan PPU dijamin BPJAMSOSTEK

Hasil dari donasi tersebut digunakan untuk perlindungan relawan dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) serta juga akan

Penulis: Heriani AM | Editor: Ardians
Tribun Kaltim / Riani
Untuk mendukung para relawan, BPJAMSOSTEK telah berinisiatif mendonasikan sebagian dari gaji Dewan Pengawas, Direksi dan 6.100 karyawannya. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia masih terus meluas, walaupun di sisi lain pasien dinyatakan sembuh juga menunjukkan angka yang peningkatan.

Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran virus tersebut, salah satunya dengan merekrut ribuan relawan yang terdiri dari relawan medis atau tenaga kesehatan serta relawan non medis.

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek bergerak cepat berusaha mendukung para relawan ini agar mereka dapat bertugas dengan baik.
Mereka adalah garda terdepan dalam penanggulangan virus tersebut, para relawan juga memiliki risiko kerja yang sangat tinggi.

Untuk mendukung para relawan, BPJAMSOSTEK telah berinisiatif mendonasikan sebagian dari gaji Dewan Pengawas, Direksi dan 6.100 karyawannya.
Untuk mendukung para relawan, BPJAMSOSTEK telah berinisiatif mendonasikan sebagian dari gaji Dewan Pengawas, Direksi dan 6.100 karyawannya. (Tribun Kaltim / Riani)

"Oleh karena itu, selain kelengkapan berupa Alat Pelindung Diri (APD, red), mereka juga wajib terlindungi dengan jaminan sosial," ujar Kepala BP Jamsostek Cabang Balikpapan Ramadan Sayo melalui Kepala Bidang Kepesertaan BP Jamsostek Murniati, Minggu (19/4/2020).

Untuk mendukung para relawan, BPJAMSOSTEK telah berinisiatif mendonasikan sebagian dari gaji Dewan Pengawas, Direksi dan 6.100 karyawannya.

Hasil dari donasi tersebut digunakan untuk perlindungan relawan dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) serta juga akan diberikan dalam bentuk APD dan alat kesehatan bagi relawan. Termasuk di Kota Balikpapan.

Lebih dari 300 relawan Covid-19 yang berposko di Gedung Graha Pemuda DPD KNPI Balikpapan yang terdiri dari mahasiswa hingga masyarakat umum sudah mendapatkan JKK dan JKM selama 3 bulan.

"Lebih dari 300 relawan di Balikpapan ini, merupakan tahap I. Saat ini kami tengah mendata relawan lain, yang menjadi garda utama, untuk dijamin dengan JKK dan JKM," lanjutnya.

Lanjut Murniati, lebih dari 1.300 orang yang turun langsung dalam penanggulangan virus SARS CoV-2 ini akan diberi bantuan jaminan tahap II.

Mereka adalah garda utama, yakni tenaga medis, petugas kebersihan, hingga penggali kubur yang turun langsung menangani korban. Mulai dari petugas di rumah sakit hingga puskesmas-puskesmas.

"Di Kabupaten PPU (Penajam Paser Utara, red) saat ini kami juga tengah mendata, lebih dari 350 relawan Covid-19, termasuk TNI/Polri yang ikut menangani korban akan kita jamin," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved