Yasonna Singgung Insiden Eks Caleg PDIP Harun Masiku di Pelantikan Dirjen Imigrasi, Akui Kebobolan

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sempat menyinggung insiden eks caleg PDIP Harun Masiku saat Pelantikan Dirjen Imigrasi yang baru, akui kebobolan

Kolase TribunKaltim.co / Kompas.com dan kpu.go.id
Menkumham Yasonna Laoly sempat singgung insiden eks Caleg PDIP Harun Masiku di Pelantikan Dirjen Imigrasi, akui kecolongan, Senin (4/5/2020) 

TRIBUNKALTIM.CO - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sempat menyinggung insiden eks caleg PDIP Harun Masiku saat Pelantikan Dirjen Imigrasi yang baru, akui kebobolan.

Diketahui Yasonna Laoly melantik Jhoni Ginting sebagai Direktur Jenderal Dirjen Imigrasi pada Senin (4/5/2020) di Graha Pengayoman Jakarta.

Jhoni Ginting sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kemenkumham sekaligus juga Pelaksana Tugas Dirjen Imigrasi.

Pada kesempatan itu Yasonna Laoly memberikan beberapa tugas kepada Dirjen Imigrasi baru.

Anak Buah Megawati di PDIP Cium Aroma Korupsi pada Kebijakan Jokowi, Desak KPK Turun Tangan

Sentil DPR yang Sibuk Urus RUU Kontroversial di Tengah Wabah, Najwa Shihab Kembali Sindir Yasonna

Rocky Gerung Yakin Ridwan, Ganjar dan AHY Tampil di Pilpres 2024, Kans Anies, Sandiaga dan Prabowo?

Selain itu, Yasonna Laoly sempat menyinggung soal insiden eks caleg PDIP Harun Masiku, yang sampai saat ini masih jadi buronan KPK.

Meskio demikian, Yasonna Laoly mengingatkan tugas penting Dirjen Imigrasi dalam waktu dekat ini adalah pengawasan terhadap warga asing.

Pasalnya imigrasi sebagai pintu gerbang harus aman dari lalu lintas orang asing yang melintas serta menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di titik-titik masuk Indonesia.

Menkumham juga menugaskan agar Dirjen Imigrasi memberikan perhatian kepada Pekerja Migran Indonesia dan WNI yang pulang dari malaysia, Arab Saudi, dan negara lai untuk tetap diperiksan dengan standar prosedur kedatanganan COVID-19.

“Layani mereka sebagaimana anda melayani saudara-saudara kita yang lainnya," ujar Yasonna Laoly melansir Tribunnews.

Dalam penegakan hukum, Yasonna Laoly memerintahkan Dirjen Imigrasi baru agar menjalankan penegakan hukum keimigrasian dengan baik dan benar serta menutup setiap celah untuk melakukan pungli.

Selanjutnya Yasonna Laoly menginstruksikan agar memberikan partisipasi publik dalam pengawasan orang asing melalui wadah Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang selama ini telah dilakukan bersama stakeholder lainnya.

Dari sisi pelayanan keimigrasian, Menkumham mengamanahi Dirjen Imigrasi yang baru untuk memberikan pelayanan keimigrasian semaksimal dan seadil-adilnya sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Menkumham RI Yasonna H Laoly melantik Jhoni Ginting sebagai Direktur Jenderal Imigrasi pada Senin (4/5/2020) di Graha Pengayoman Jakarta.
Menkumham RI Yasonna H Laoly melantik Jhoni Ginting sebagai Direktur Jenderal Imigrasi pada Senin (4/5/2020) di Graha Pengayoman Jakarta. (Istimewa via Tribunnews)

Bukan Tahun Baru, Jokowi Geser Cuti Lebaran Lebih Cepat, Bersamaan Idul Adha, Sudah Bebas Covid-19?

Untuk memperkokoh tulang punggung kesisteman, Menkumham juga menugaskan Jhoni Ginting sebagai Dirjen Imigrasi untuk membangun dan memperbaiki Sistem Manajemen Informasi Keimigrasian (SIMKIM) secara terstruktur, akuntabel, dan transparan agar lebih baik ke depannya.

“Saya tidak akan mentolerir siapapun yang menyalahgunakan kewenangan untuk kepentingan pribadi,” ujar Yasonna Laoly.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved