Ramadhan

Sebentar Lagi Lebaran, Belum Bayar Zakat? Yuk Bayar di Gerai Amil Zakat di Pinggir Jalan Sangatta

Menunaikan Zakat Fitrah dan zakat mal adalah kewajiban seluruh umat Islam, dengan ketentuan syariat Islam tentunya. Khususnya pada bulan suci Ramadhan

TRIBUNKALTIM.CO, DIAN MULIA SARI
Situasi warga Sangatta Kutai Timur sedang membayar zakat di gerai BMH, pinggir jalanan Yos Sudarso, Sangatta Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Menunaikan Zakat Fitrah dan zakat mal adalah kewajiban seluruh umat Islam, dengan ketentuan syariat Islam tentunya. Khususnya pada bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini.

Apalagi lebaran sudah menghitung hari, umat muslim diwajibkan untuk membayar zakat sebelum dilakukannya sholat Idul Fitri.

Berbagai lembaga amil zakat tersebar di berbagai daerah untuk membantu masyarakat dalam menyalurkan Zakat Fitrah dan zakat malnya.

Salah satu lembaga amil zakat nasional yakni Baitul Mal Hidayatullah ( BMW ) yang memiliki cabang di beberapa daerah Indonesia salah satunya di Sangatta membuka gerai di pinggiran jalan guna mempermudah masyarakat yang sibuk bekerja.

Salah satu Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah, Suryadi yang sedang berjaga digerai BMH mengatakan bahwa dengan dibukanya gerai Amil Zakat di pinggir jalan ini bisa mempermudah orang-orang khusunya karyawan yang sibuk bekerja sehingga mempermudah mereka dalam membayar Zakat Fitrah.

Baca juga; Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri Bahasa Jawa, Indonesia & Inggris, Kirim untuk Keluarga & Sahabat

Baca juga; IDI Balikpapan Terima Bantuan APD dari Pegadaian, Sebut APD Sampai Kapanpun Tetap Dibutuhkan

Baca juga; 2 Warga Kutim Baru Saja dari Pakistan Sudah Rapid Test, Kini Dikarantina di Hotel Masyhur Sangatta

"Rata-rata mereka merasa terbantu untuk gerai-gerai seperti ini, karena untuk orang-orang sibuk kadang-kadang mereka lupa, dengan adanya gerai di pinggir jalan ini "oh ya saya belum Zakat Fitrah", kan wajib itu, itu tidak boleh kalau sampai pelaksanaan idul Fitri sebelum pelaksanaan shokat idul Fitri harus di bayarkan," ujar Suryadi, Jumat (22/5/2020).

Total gerai BMH yang menerima Zakat Fitrah dan zakat mal ada sebanyak 15 gerai di daerah Sangatta Utara. Disepanjang jalan Yos Sudarso terlihat banyak gerai BMH yang siap menerima zakat. Di setiap gerai pun telah menerapkan protokol kesehatan dengan memberikan hand sanitizer.

Sementara itu, gerai BMH sudah dibuka pelayanannya pada kurang lebih 15 hari sebelum dilaksanakannya sholat idul Fitri, hari ini merupakan hari terakhir pelayanan amil zakat.

"Terakhir hari ini ( menerima Zakat Fitrah dan mal )  Kalau menurut sidang isbat ya idul fitrinya besok, ya hari ini terakhir sampai jam 11 atau 12 malam," ujarnya.

Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved