Ketua KPK Firli Bahuri Absen dalam Konferensi Pers Penangkapan Nurhadi, ICW Berikan Kritik

Indonesia Corruption Watch ( ICW ) mengkritik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Firli Bahuri yang absen saat konferensi pers penangkapan.

ICW
Logo ICW 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch ( ICW ) mengkritik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Firli Bahuri yang absen saat konferensi pers penangkapan eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono.

Menurut ICW, kehadiran Firli Bahuri dirasa penting karena untuk menunjukkan keseriusan pimpinan KPK dalam menangani perkara mafia peradilan ini.

"Dalam keadaan genting seperti ini semestinya Komjen Firli Bahuri turut hadir dalam konferensi pers untuk menjelaskan kepada publik terkait dengan penangkapan Nurhadi," kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana lewat keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).

Dalam konpers yang digelar Selasa (2/6/2020), pimpinan KPK yang hadir ialah Nurul Ghufron. Nurul ditemani Direktur Penyidikan KPK Karyoto dan Plt Juru Bicara Ali Fikri. Kurnia lantas membandingkan Firli dengan ketua KPK periode-periode sebelumnya.

Baca Juga: Permintaan Swab Mandiri Meningkat, RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Tambah Satu Alat Uji

Baca Juga: UPDATE Virus Corona di Tarakan, Ada Pertambahan PDP di Tarakan, Pasien Mengeluh Pilek Sesak Nafas

Dia mengatakan, ketua KPK sebelum Firli Bahuri biasanya hadir dalam konpers yang terkait langsung dengan elit kekuasaan.

"Hal ini untuk menunjukkan komitmen KPK dalam pemberantasan korupsi, terlebih masih banyak pelaku korupsi yang sampai saat ini masih buron," kata dia.

Dicontohkan Kurnia, penetapan tersangka Setya Novanto selaku Ketua DPR RI pada Juli 2017 lalu yang diikuti langsung oleh Agus Rahardjo selaku ketua KPK.

Kemudian, penetapan tersangka Irman Gusman selaku Ketua DPD RI pada September 2016 lalu diikuti langsung oleh Agus Rahardjo selalu ketua KPK.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved