Breaking News:

Hari Bhakti Adhyaksa ke 60, Kejaksaan Negeri Tarakan Musnahkan Barang Bukti dari 122 Perkara

Dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 60 yang jatuh pada hari ini, Rabu (22/7/20), Kejaksaan Negeri Tarakan, Kalimantan Utara, memusnahkan barang bukti

TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
Pemusnahan barang bukti dari 122 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap di Kejari Kota Tarakan 

TRIBUNKALTIM.CO,TARAKAN- Dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 60 yang jatuh pada hari ini, Rabu (22/7/20), Kejaksaan Negeri Tarakan, Kalimantan Utara, memusnahkan barang bukti dari perkara-perkara yang telah berkekuatan hukum tetap.

Pelaksanaan pemusnahan tersebut dilakukan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Tarakan sekira pukul 13.30 Wita.

Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan, Fatkhuri mengatakan bahwa barang bukti yang akan dimusnahkan dari sebanyak 122 perkara.

"Ada handphone, alat-alat judi, sisa-sisa narkotika yang dijadikan barang bukti atau contoh barang bukti di pengadilan karena barang bukti tersebut,  sebagiannya sudah dimusnahkan dengan penetapan Kejari sebelum perkara ini disidangkan," ujar dia.

Tak hanya handphone, alat judi maupun sisa narkotika. Namun kata dia, juga ada senjata api, senjata rakitan, senjata tajam, dan lain-lain.

Baca Juga:Kejari Berau Gelar Bakti Sosial Peringati Hari Bhakti Adhyaksa dan HUT Ke-20 IAD

Baca Juga:Terpidana Korupsi Dana Hibah Dieksekusi Kejari Samarinda, Bakkara Bantah tak Kooperatif

"Ini adalah alat-alat yang digunakan maupun yang diperoleh dari tindak pidana, dimana dalam salah satu bunyi putusan dari pengadilan adalah dirampas untuk dimusnahkan," ungkapnya.

Jaksa sebagai eksekutor harus segera memusnahkan barang bukti tersebut sehingga tidak bisa dipergunakan lagi sebagaimana tertuang dalam pasal 1 ayat (6) huruf a Kitap Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) bahwa eksekusi adalah tugas pokok Jaksa.

Ia berharap kejahatan atau tindak pidana yang ada di Kota Tarakan ini dapat berkurang.

Halaman
12
Penulis: Risnawati
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved