Breaking News:

Kanwil DJP Kaltimtara Beber Bank Dapat Lakukan Validasi dan Pendaftaran NPWP Bulan Depan

Direktorat Jenderal Pajak dan empat bank badan usaha milik negara yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

TRIBUNKALTIM.CO/HERIANI AMIR
Kepala Kantor Perwakilan Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Timur - Kalimantan Utara ( Kanwil DJP Kaltimtara ), Samon Jaya pada Jumat (24/7/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Direktorat Jenderal Pajak dan empat bank badan usaha milik negara yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) pada Kamis (23/7/2020), melaksanakan peluncuran integrasi layanan dalam bentuk aplikasi validasi dan pendaftaran nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Kepala Kantor Perwakilan Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Timur - Kalimantan Utara ( Kanwil DJP Kaltimtara ), Samon Jaya, mewakili Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin antara DJP dan Himbara, dan mengharapkan kerja sama ini dapat berlanjut dengan lebih solid dan saling memberikan manfaat.

Dalam siaran pers yang diterima, Jumat (24/7/2020) dijelaskan, mulai 17 Agustus 2020, bank akan dapat melakukan validasi dan pendaftaran NPWP nasabah atau calon nasabah secara online melalui sistem penyedia jasa aplikasi perpajakan.

"Integrasi layanan ini diharapkan dapat mempermudah proses administrasi bagi masyarakat, khususnya mereka yang belum memiliki NPWP, untuk membuka rekening bank maupun mengajukan kredit di mana data NPWP menjadi salah satu persyaratan yang dibutuhkan adalah data NPWP," jelas Samon Jaya kepada TribunKaltim.co.

Baca Juga: Terima 18 Hasil Swab, Skrining Satu Pedagang Pasar Pandasari Balikpapan Positif Covid-19

Baca Juga: Hasil Swab Pedagang di Pandansari Positif Covid-19, Walikota Balikpapan Bimbang Tutup Pasar

Selain meningkatkan kemudahan administrasi bagi nasabah, adanya fitur validasi NPWP ini dapat meningkatkan kualitas prosedur 'Know Your Customer' bagi pihak bank. Karena validasi data NPWP nasabah atau calon nasabah tidak lagi bergantung pada kartu fisik NPWP tetapi dilakukan secara
langsung ke sistem DJP.

Selain data NPWP, sistem validasi ini juga dapat menunjukkan riwayat kepatuhan pelaporan surat pemberitahuan pajak penghasilan yang dapat digunakan bank dalam proses evaluasi risiko kredit.

Baca Juga: BREAKING NEWS Miliki Komorbid Jantung, Satu Pasien Covid-19 di Balikpapan Meninggal Dunia

Baca Juga: Mall di Balikpapan Dilematis Selama New Normal, Ketua APPBI Kalimantan Timur: Ramai Khawatir, Sepi Khawatir

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, ia menambahkan, aplikasi pendaftaran dan validasi NPWP melalui bank ini secara khusus diharapkan dapat mempermudah pelaku UMKM untuk mengakses dan mendapatkan fasilitas bantuan subsidi bunga/margin yang diberikan pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved