Kunjungi Teluk Singkama Kutai Timur, Anggota DPR RI Asal Kutim Tinjau Realisasi Program P3TGAI

Yakni Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI). Menurut rencana, Kutim kebagian 32 lokasi P3TGAI yang dibagi dalam dua tahap.

Editor: Budi Susilo
HO/DPR RI
Dalam resesnya, anggota Komisi V DPR RI asal Kabupaten Kutai Timur, Irwan, meninjau lokasi pembangunan P3TGAI di Kutai Timur. Tepatnya di Desa Teluk Singkama, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Kabupaten Kutai Timur ( Kutim ) Provinsi Kalimantan Timur mendapat cipratan program irigasi dari Pemerintah Pusat.

Yakni Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI). Menurut rencana, Kutim kebagian 32 lokasi P3TGAI yang dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama ada 17 lokasi dan tahap kedua 15 lokasi.

P3TGAI merupakan program percepatan di tengah masyarakat desa untuk mendorong perekonomian masyarakat, terutama kalangan petani. Agar hasil pertanian dan perkebunan meningkat.

Terutama di tengah kondisi covid-19 seperti sekarang ini. Perlu peningkatan produksi pangan di masing-masing daerah, terutama di Kutai Timur. Sehingga tidak terlalu mengandalkan pasokan dari luar.

Baca Juga: Terima 18 Hasil Swab, Skrining Satu Pedagang Pasar Pandasari Balikpapan Positif Covid-19

Baca Juga: Hasil Swab Pedagang di Pandansari Positif Covid-19, Walikota Balikpapan Bimbang Tutup Pasar

Dalam resesnya, anggota Komisi V DPR RI asal Kabupaten Kutai Timur, Irwan, meninjau lokasi pembangunan P3TGAI di Kutai Timur. Tepatnya di Desa Teluk Singkama, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur.

"Kita harus mengaktifkan juga sawah-sawah yang belum (termanfaatkan) dengan membangun jaringan irigasi. Kemungkinan ada penambahan kegiatan tahun depan," kata Irwan dalam keterangan tertulisnya yang disampaikan ke TribunKaltim.co, Minggu (26/7/2020).

Program P3TGAI, menurut Irawan, tidak hanya dilakukan di Kutai Timur. Karena, dari perencanaan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III, ada 100 lokasi yang tersebar di kabupaten/kota se Kaltim yang juga akan menerima program serupa.

Baca Juga: Diguyur Hujan, Jalanan di Pesona Bukit Batuah Balikpapan Licin, Warga Inisiatif Beri Bebatuan

Baca Juga: Siswa di Kukar Belum Aktif Belajar, 13 Juli 2020 Jadwal Masuk Sekolah, Masih Perkenalan via Daring

Seperti diketahui, pada program P3TGAI di Provinsi Kalimantan Timur, ada 39 desa yang mendapat bantuan tersebut. Tersebar di empat kabupaten dan satu kota. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri PUPR bernomor 01/KPTS/M/2020 .

Dari jumlah tersebut, 11 desa di Kabupaten Kutai Timur ikut mendapatkan bantuan tersebut. Yakni, Desa Cipta Graha dan Kaubun di Kecamatan Kaubun.

Dan Desa Pesap di Kecamatan Kongbeng, Desa Muara Bengkal di Kecamatan Muara Bengkal, Desa Tanah Abang dan Segoi Makmur di Kecamatan Long Mesangat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved