Breaking News:

Bupati Edi Damansyah Sebut Pelayanan Publik Berbasis IT Sudah Berkembang di Kutai Kartanegara

Akselerasi sistem informasi di Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar), Kalimantan Timur saat ini terus berkembang

HUMASKAB KUKAR/PROKOM
NAIK MOTOR - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengendarakan motor saat menuju Desa Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai, Kamis (16/7/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG - Akselerasi sistem informasi di Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar), Kalimantan Timur saat ini terus berkembang dan telah memasuki sistem informasi berbasis IT.

Menanggapi perkembangan pelayanan publik berbasis informasi elektronik daerah di Kota Raja, Bupati Kukar, Edi Damansyah mengungkapkan, egoverment di Kukar hingga sekarang masih terus berkembang dan telah memfinalisasi sistem perencanaan dan penganggaran yang dinamakan Sistem Informasi Elektronik Daerah (SIED).

“Nah, ini yang kita persiapkan dan sedang finalisasi, nanti itu bisa diakses oleh publik,” ujarnya. Sabtu, (15/8/2020).

Sehingga ucap dia, kegiatan apapun mulai dari penganggaran, perencanaan dan bentuk-bentuk kegiatan nantinya akan masuk dalam sistem SIED tersebut.

Baca Juga: Merespon Imbauan Bupati Kukar Edi Damansyah Kominfo Siap Promosi Objek Wisata Pulau Sahrai

Baca Juga:Bupati Kukar Edi Damansyah Hadiri Rakorwil Forum TJSP di Kembang Janggut, Ini Harapannya

Namun kata Edia, disisi lain pihaknya juga menguatkan keberadaan peran serta masyarakat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo),  yang telah memfasilitasi masyarakat di desa-desa dengan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Dirinya Berharap, KIM ini dapat memberikan informasi ke masyarakat, khususnya terkait pencapaian pembangunan yang dilakukan pemerintah kabupaten dan pemerintah desa.

“Terus juga KIM ini bisa mempromosikan potensi yang ada di desa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini di era digitalisasi, pemerintah kabupaten Kukar harus menyesuaikan pelayanan publik dan seiring berjalannya waktu, siatem pelayanan publik di Kukar nantinya akan menggunakan sistem pelayanan yang berbasis IT.

Bahkan, dirinya menegaskan dalam peraturan Bupati bahwa tidak ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membuat aplikasi sendiri-sendiri, tetapi sudah terbackup dibawah asistensi satu pintu di Diskominfo Kukar.

“Kemudian kita juga akan membangun dari sisi infrastruktur jaringan di 18 kecamatan. Nah, di beberapa desa memang masih ada yang jaringannya naik turun.

Tapi di sana sudah ada beberapa perusahaan yang membangun sendiri jaringan komunikasi bekerjasama dengan telkomsel, tapi saya ingatkan perusahaan yang bangun jaringan di sana harus juga dapat diakses oleh warga,” tutupnya.(*)

Baca Juga:Bahas Soal Tata Ruang IKN, Bupati Kukar Edi Damansyah Sambut Kunjungan Wamen ATR/BPN di Tenggarong

Baca Juga:Perbaikan Jembatan Penjalin dalam APBD Perubahan, Bupati Kukar Edi Damansyah Targetkan Tahun Depan

Penulis: Aris Joni
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved