Breaking News:

Tak Miliki KTP, Dinas Perhubungan Tarakan Bantu 14 Jukir Urus Kartu Identitas

Juru Parkir di Tarakan, Kalimantan Utara masih banyak yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)

TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
Kadis Perhubungan Kota Tarakan, Arbain 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- Juru Parkir di Tarakan, Kalimantan Utara masih banyak yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bukan hanya itu, meski mereka memiliki KTP, namun bukan merupakan KTP Kota Tarakan.

"Terus terang kondisinya jukir-jukir itu kan tidak semuanya memiliki KTP Tarakan gitu, itu juga jadi persoalan.

Secara teknis dilaporan itu masih ada yang tidak punya KTP, ada yang punya KTP tapi KTPnya luar Tarakan gitu," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Tarakan, Arbain, Kamis (3/9/20)

Bahkan Dinas Perhubungan kota Tarakan, turut membantu para Jukir yang tidak memiliki KTP untuk segera mendapatkan kartu identitas tersebut.

Baca Juga: Kabar Hoaks Jukir dan Pedagang di Pandansari Balikpapan Positif Covid-19, Omset Penjualan Turun

Baca Juga: Kisah Jukir di Tarakan Terdampak Covid-19, Tidak Ada Penghasilan, Relakan Anaknya Diasuh Orang Lain

"Terakhir itu kalau tidak salah ada 14 orang sudah kami bantu supaya mereka tu dapat KTP. Kita yang utuskan ke Capil supaya dapat KTP karena itu juga kaitannya hak dia gitu kan secara admnistrasi," sebutnya.

Ini juga tentu berkaitan dengan pembayaran gaji yang dibayarkan secara non tunai, sehingga membutuhkan KTP untuk membuat rekening Bank sebagai syarat administrasi.

"Kalau dia nggak punya KTP, kesulitan maka kemarin ada ribut-ribut tu terkait gajinya dia kenapa bisa lambat. Ini mungkin bisa saya jelaskan bukan kita lambat bayar gajinya itu sebelum tanggal 1 itu sudah kita proses tetapi pemahamannya mereka ini masih bisa membayar (gaji secara) tunai gitu.

Tapi nggak bisa sudah, kita harus membayar non tunai. Jadi dia harus membuka rekening di Bank karena uang itu langsung dari Bank yang mengtrensfer ke rekening yang bersangkutan," ucapnya.

Diketahui masih tersisa 5 Jukir yang belum memiliki KTP, sehingga Dinas Perhubungan kota Tarakan pun masih berupaya untuk membantu para Jukir ini.

"Kalau nggak salah ada 5 orang lagi itu yang masih belum mempunyai KTP. Kita berupaya, kita kasihan juga. Dia kan punya keluarga, punya tanggungjawab juga sehingga gaji ini jadi faktor yang sangat penting dalam kehidupan dia," terangnya. (*)

Baca Juga: Digaji Rp 2 Juta Perbulan, Jukir Honor di Tarakan Masih Lakukan Pungli, Terbukti Ini Sanksinya

Baca Juga: VIRAL! Jukir Ngamuk dan Gores Mobil Pelanggan Pakai Paku, Uang Sudah Diberi, Ini yang Buatnya Emosi

Penulis: Risnawati
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved