Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Lewat Penyuluhan Rompi, Petani Kubar Tetap Mendapatkan Informasi Virtual di Tengah Pandem

proyek perubahan Rompi bertujuan agar penyuluh pertanian lebih optimal di lapangan dan petani juga lebih cepat mendapatkan informasi.

HUMASKAB KUBAR
PENYULUHAN VIRTUAL - Di tengah pandemi, petani di Kubar masih bisa mendapatkan informasi terkini dari para penyuluh mengenai pertanian terkini secara daring dengan teknologi Penyuluhan Rompi (radio zoom dan aplikasi). Penyuluhan virtual ini telah diresmikan penggunannya oleh Kepala Dinas Pertanian Kutai Barat, Petrus. 

SENDAWAR - Penyuluh pertanian kini memanfaatkan teknologi informasi dalam menyampaikan penyuluhan kepada petani.

Ini dikemukakan Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kutai Barat, Petrus S Hut MSi, dalam proyek perubahan yang mengangkat tentang Teknologi Penyuluhan Rompi (Radio Zoom dan Aplikasi). Ia berharap, promosi pertanian bisa lebih efektif disampaikan kepada masyarakat luas melalui media-media yang ada, Kamis (10/9/2020).

Lebih lanjut Kadistan Petrus menjelaskan, proyek perubahan Rompi bertujuan agar penyuluh pertanian lebih optimal di lapangan dan petani juga lebih cepat mendapatkan informasi.

“Kami buatkan melalui teknologi penyuluhan rompi, menggunakan media radio, zoom meeting dan media sosial, disesuaikan dengan kondisi pandemi dimana kegiatan lebih banyak dilakukan secara daring,” ujarnya.

Penyuluhan perdana dengan aplikasi zoom meeting sudah dilakukan pada 9 September lalu, diikuti kelompok tani Margo Mulyo Kampung Rejo Basuki dari BPP Kecamatan Barong Tongkok, dan kelompok tani Bangun Harja Kampung Sumber Bangun dari BPP Sekolaq Darat.

Penyuluhan tersebut khusus mengusung tema “Berdayaguna dan Produktif di Masa Pandemi Covid-19,” dengan topik cara sukses budidaya tanaman terong mulai dari pemilihan bibit/benih, persemaian, penanaman, pemeliharaan, pemanenan hingga pemasaran, dengan narasumber Karen, SP.

Menurut Kadistan, pertemuan melalui zoom meeting kelompok tani sangat antusias, karena tidak perlu lagi berkumpul. Cukup berada di lokasi yang memiliki jaringan internet, petani bisa mengakses penyuluhan. Petani berharap kegiatan penyuluhan melalui zoom meeting bisa terus dilaksanakan terlebih selama pandemi.

Selain pelatihan dan penyuluhan melalui zoom meeting, Distan melakukan penyuluhan melalui radio secara oneway dan interaktif dimana penyiaran melalui radio Distan bekerjasama dengan Diskominfo menyiarkan siaran interaktif dan RRI Sendawar menyiarkan siaran oneway.

Selain itu, Kadistan menjelaskan, masih ada satu aplikasi lagi yang diluncurkan untuk menunjang kinerja penyuluh berkenaan dengan pembuatan program, rencana kerja tahunan penyuluh pertanian, laporan laku-susi dan data-data, serta terdapat satu picture yang bisa diakses petani untuk bisa berkomunikasi berkaitan dengan informasi pasar, pupuk serta bisa berdiskusi dengan PPL langsung dari aplikasi.

Diharapkan, aplikasi yang ada bisa mempermudah serta mempercepat pekerjaan penyuluh dan petani dan mendapatkan informasi pasar, juga sesama petani bisa saling bertukar informasi terkait pertanian.

Sekali lagi melalui proyek perubahan ini, diharapkan petani di Kubar bisa lebih maju mengelola pertanian dengan metode yang lebih modern, terlebih dalam penyiapan menyambut IKN. Bisa memotivasi petani baru/petani milenial di masa pandemi yang sangat membatasi masyarakat dalam beraktivitas.

Disisi lain, lahan di Kubar tersedia sangat luas. Oleh sebab itu diharapkan dengan langkah dan upaya yang dibuat dapat memantik semangat petani untuk berusaha di bidang pertanian. ”Pertanian bukan merupakan usaha yang klasik. Jika dikelola dengan baik menggunakan teknologi tentu bisa memberikan penghasilan yang sangat luar biasa,” tegas Petrus.

Melalui program ini tentu bisa meningkatkan kualitas sumberdaya petani, meningkatkan produktivitas hasil pertanian serta mensejahterakan petani. Selanjutnya bagi PPL, juga sangat diharapkan bisa meningkatkan kinerja PPL dan SDM PPL, juga memotivasi PPL. Karena jika petani berhasil, tentu PPL juga termotivasi untuk terus memberikan bimbingan dan pendampingan.(adv/hms10/NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved