Breaking News:

Terapkan Protokol Kesehatan, 11 Usaha Rumah Makan Raih Penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI

Sebanyak 11 rumah makan di Kota Balikpapan meraih penghargaan sebagai tempat pengolahan pangan (TPP) yang menerapkan protokol kesehatan.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Pemberian penghargaan kepada salah satu usaha jasa rumah makan terkait keberhasilan meneparkan protokol kesehatan di Balikpapan. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebanyak 11 rumah makan di Kota Balikpapan meraih penghargaan sebagai tempat pengolahan pangan (TPP) yang menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid 19 dengan baik berdasarkan penilaian Kementerian Kesehatan RI.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyerahkan penghargaan tersebut kepada 11 pemilih rumah makan di Aula Kantor Walikota Balikpapan mewakili Kementerian Kesehatan RI, Selasa (8/12/2020).

Dari 11 usaha rumah makan tersebut, Catering Banjarsari berhasil meraih juara I Tingkat Nasional.

“Bisa menjalankan untuk mengolah makanan yang memenuhi syarat sehat dan aman, cara protokol kesehatannya, cara menangani makanan, bahan, dan tempatnya dianggap memenuhi syarat satu perusahaan catering atau rumah makan yang sehat.” kata Walikota Rizal Effendi dalam sambutannya.

Baca juga: Terapkan Protokol Kesehatan, 6 Rumah Makan di Balikpapan Masuk Nominasi Nasional

Baca juga: Ketua Satgas Penanganan Covid Ingatkan Jangan Puas Dulu, Kepatuhan Protokol Kesehatan Capai 89%

Baca juga: Restoran dan Rumah Makan Mulai Terapkan Pemberlakuan Jam Malam di Balikpapan

Baca juga: Patroli Gabungan Satgas Covid-19 Sasar Rumah Makan di Kukar, Pastikan Jalani Protokol Kesehatan

Penghargaan serupa juga diberikan kepada PT Aerofood Indonesia, Hotel Grand Tjokro, CV Nikmat, RM Salak Kilo, KFC MT Haryono, KFC Gunung Malang, Restoran R & B, Hotel Maxone, RM Kopi Rumah Mantan, PT Sehati Mandiri Utama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengatakan hasil prestasi ini merupakan penilaian yang dilakukan tim dari Kementerian Kesehatan RI ke seluruh kabupaten/kota se Indonesia.

Kriteria utama dalam TPP ini yakni kedisiplinan dari perusahaan jasa boga ini dalam menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

“Apa inovasi mereka supaya catering dan seluruh pekerja dapat menjalankan pelayanannya dengan baik, aman sesuai dengan protokol,” tandasnya.

Fun City e-Walk BSB juga mulai beroperasi hari ini, Jumat (23/10/2020) dengan protokol kesehatan.TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Fun City e-Walk BSB juga mulai beroperasi hari ini, Jumat (23/10/2020) dengan protokol kesehatan.TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberi perhatian khusus kepada 11 usaha resto, rumah makan, dan catering di Kota Balikpapan. Perhatian itu diberi lantaran 11 usaha rumah makan di Balikpapan itu, bisa melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kota Balikpapan saat ini telah melakukan pelonggaran dan memiliki aturan berdasar Perwali Nomor 23 tahun 2020.

Bahwa pengelola kegiatan jasa seperti restoran dan rumah makan serta cafe juga harus melaksanakan protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19.

Baca juga: Bocoran Film Thor Love and Thunder, Batman Jadi Musuh Thor, Ada Star-Lord dan Superhero Baru

Baca juga: Bahas Inflasi di Tengah Pandemi Covid-19, DPRD Tabalong Datangi Pemkab PPU

Baca juga: NEWS VIDEO Viral Aksi Pemuda Tendang dan Ajak Polisi Berantem, Ujungnya Malah Minta Maaf

Diantaranya membatasi jumlah pengunjung paling banyak 50% dari kapasitas rumah makan, kafe, atau restoran. Pengelola harus mewajibkan pengunjung menggunakan masker, kecuali saat makan dan minum.

Menerapkan pemeriksaan suhu tubuh dan melakukan pembatasan interaksi fisik dengan rentang jarak paling sedikit satu meter antar pengunjung.

Selanjutnya, menyediakan hand sanitizer. Juga tidak menggunakan alat makan atau alat minum yang mengharuskan pengunjung berbagi alat dalam mengkonsumsinya. (*)

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved