Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Rembuk Dengan Timses Andi Harun, Sekda Samarinda Sebut Dana Rp 100 Juta per RT Diakomodir di APBD-P

Calon Walikota dan Wakil Walikota Andi Harun-Rusmadi akan dilantik pada 17 Februari 2021 mendatang, bersamaan dengan kepala daerah terpilih di Pilkada

TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN
Sekretaris Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin mengemukakan, Pemkot Samarinda telah beberapa kali melakukan rembuk dengan tim Andi Harun-Rusmadi, membahas pembangunan Kota Samarinda dengan kepemimpinan nahkoda baru. TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda Andi Harun-Rusmadi akan dilantik pada 17 Februari 2021 mendatang, bersamaan dengan kepala daerah terpilih di Pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Berau, Mahakam Ulu, dan Paser.

Agar program kerja dan visi-misi yang telah dijanjikan oleh Andi Harun-Rusmadi terealisasi, tim pemenangan telah melakukan rembuk dengan Pemkot Samarinda.

Sugeng Chairuddin, Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda mengemukakan, Pemkot Samarinda telah beberapa kali melakukan rembuk dengan tim Andi Harun-Rusmadi, membahas pembangunan Kota Samarinda dengan kepemimpinan nahkoda baru.

Baca juga: UPDATE Virus Corona di Balikpapan, Rencana Pembatasan Kegiatan, Walikota Rizal Effendi Beri Bocoran

Baca juga: Tuntut Gratiskan UKT, Hari Ini Aliansi Mahasiswa Unmul Akan Gelar Aksi Kepung Gedung Rektorat

Baca juga: Puluhan Mahasiswa Unmul Gelar Aksi di Depan Rektorat, Tuntut Digratiskan UKT

Dia menjelaskan, sinkronisasi program Pemkot sebelum dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pihaknya telah menyiapkan buku putih.

Buku putih tersebut, kata Sugeng Chairuddin, nantinya akan mengarah ke penyusunan rancangan awal program kerja.

Dikemukakan, rancangan awal pertama akan dimasukkan dalam pokok-pokok pikiran dari Walikota dan Wakil Walikota Samarinda terpilih.

"Jadi timnya datang ke kita untuk koordinasi terkait pokok pikiran, visi misi, dan rencana strategis beliau. Yang jelas kami welcome saja," ujar Sugeng Chairuddin, Rabu (13/1/2021).

Program 100 hari kerja Andi Harun-Rusmadi pun menjadi pembahasan, yakni kesehatan, penanggulangan banjir, kebersihan dan perhubungan.

Sementara itu, program Andi Harun-Rusmadi, yakni kucuran dana Rp 100-300 juta per RT, itu tidak masuk dalam 100 hari kerja, karena itu merupakan program strategis yang harus dipersiapkan dasar regulasinya.

"Bisa saja diakomodir dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), nggak ada masalah. Semua muaranya itu kan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hanya nama saja yang beda," ujarnya.

Diketahui, APBD Murni 2021 telah disahkan saat Rapat Paripurna DPRD Kota Samarinda beberapa waktu lalu.

Sehingga program kucuran dana untuk RT baru bisa diwujudkan di APBD Perubahan 2021 mendatang.

Adapun untuk tahapannya akan melalui audit laporan realisasi anggaran oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan penyusunan RPJMD dengan berpatokan pada payung pedoman.

"Kalau itu selesai, di bulan apa saja sudah bisa dibahas perubahan," ucapnya. 

(TribunKaltim.co/Muhammad Riduan)

Penulis: Muhammad Riduan
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved