Breaking News:

Virus Corona di Berau

Tekan Covid-19, Bupati Berau Wajibkan Tes Antigen dan Upaya Pengadaan GeNose di Setiap Perbatasan

Bupati Berau Sri Juniarsih kini telah mempersiapkan rencana untuk menekan penyebaran Covid-19 di Bumi Batiwakkal. Di antaranya dengan melakukan tes a

TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Bupati Berau Sri Juniarsih saat diwawancarai awak media, Minggu (28/2/2021). TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB- Bupati Berau Sri Juniarsih kini telah mempersiapkan rencana untuk menekan penyebaran Covid-19 di Bumi Batiwakkal.

Di antaranya dengan melakukan tes antigen atau GeNose bagi setiap orang yang masuk di Kabupaten Berau, baik menggunakan transportasi udara, laut dan darat.

Sri Juniarsih mengatakan, pengetatan protokol kesehatan di bandara sejauh ini cukup bagus karena setiap penumpang baik yang datang maupun berangkat harus dites antigen terlebih dahulu untuk mengetahui seseorang terpapar covid atau tidak.

Baca juga: Daerah Calon Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara, Klaim Tidak Memiliki Desa Berstatus Tertinggal

Baca juga: Respon Warga Samarinda Kala Dikunjungi Walikota Andi Harun dan Dapat Bantuan

"Saat ini untuk masuk daerah wilayah Berau menggunakan transportasi udara sudah sangat bagus karena diwajibkan menggunakan antigen, namun untuk darat dan laut itu tidak ada hanya di perbatasan Berau Kaltara, tapi itu dilakukan Pemprov Kaltara," kata Sri Juniarsih ke TribunKaltim.co, Minggu (28/2/2021).

"Sehingga ke depan kita ingin jalur laut dan darat wajib antigen untuk sementara, tetapi saya sedang upayakan untuk membeli alat GeNose dan itu sudah inden kita sudah pesan," ujarnya.

Dia menjelaskan, alat GeNose tersebut nantinya digunakan untuk mengetahui siapa yang terpapar Covid-19 atau tidak yang hanya dilakukan lewat napas, termasuk biaya yang relatif murah.

"Mudah-mudahan ini ini bisa terealisasi, kami upayakan dan rencana ini juga telah saya bicarakan dengan Wakil Bupati termasuk Sekda untuk pengadaan alat GeNose di setiap perbatasan di Kabupaten Berau, seperti di Kecamatan Kelay, perbatasan Tanjung Selor, Biduk-Biduk dan 4 kecamatan terdekat wajib memiliki alat GeNose," jelasnya.

"Mudah-mudahan ketika alat ini datang dapat dimanfaatkan dengan baik dalam upaya menekan penyebaran Covid-19," imbuhnya.

Untuk mengratiskan warga tes GeNose, orang nomor satu di Berau itu menyebutkan akan berupaya berkomunikasi dengan pihak ketiga atau perusahaan yang ada di Bumi Batiwakkal untuk menggunakan CSR mereka membantu masyarakat.

"Ke depan saya juga punya upaya dan sementara membangun komunikasi dengan pihak ketiga yang memiliki CSR untuk menggratiskan pemeriksaan melalui GeNose ini," tuturnya.

Baca juga: 2 Tenaga Kesehatan di Balikpapan Positif Covid-19 Usai Vaksinasi Sinovac Pertama, Begini Kata Satgas

Baca juga: 215 Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di Balikpapan selama 2021, Ahli Waris tak Lagi Dapat Santunan

Halaman
12
Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved