Breaking News:

Virus Corona di Kaltim

Pandemi Covid-19 di Kaltim, Bandara APT Pranoto Samarinda Belum Melaksanakan Tes GeNose Hari Ini

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan resmi mengizinkan penumpang pesawat yang hendak berpergian menggunakan tes GeNose

Penulis: Jino Prayudi Kartono | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI
Suasana Bandara APT Pranoto Kota Samarinda beberapa waktu lalu. Bandara tersebut belum menggunakan tes GeNose pada hari ini, Kamis (1/4/2021). Hal tersebut dikarenakan hanya beberapa Bandara yang ada di Indonesia saja yang boleh menggunakan tes tersebut sebagai syarat menggunakan pesawat komersil. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan resmi mengizinkan penumpang pesawat yang hendak berpergian menggunakan tes GeNose.

Izin tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 26 Tahun 2021.

Dalam SE tersebut menyebut tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Sudah Tembus 1.057 Orang di PPU, Status Masih Zona Kuning

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kutim Melandai, Sisa Dua Kecamatan yang Masih Zona Merah

Edaran itu mengacu pada SE Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19. Tes tersebut mulai berlaku per tanggal 1 April 2021.

Tes GeNose C19 itu bisa digunakan sebagai syarat transportasi udara dengan durasi waktu 1x24 jam. Berdasarkan aturan tersebut Bandara APT Pranoto Kota Samarinda masih belum menerapkan tes GeNose pada hari ini, Kamis (1/4/2021).

Kepala Bandara APT Pranoto Agung Pracayanto mengatakan pelaksanaan tes GeNose C19 di Bandara belum ada arahan dari pusat. Kemungkinan pelaksanaan tes GeNose C19 di APT Pranoto akan dilaksanakan pekan depan.

"Untuk pelaksanaan GeNose berdasarkan pimpinan pusat bertahap. Di APT Pranoto dijadwalkan Minggu depannya lagi," ucap Agung Pracayanto.

Baca juga: Data Terbaru Virus Corona di Balikpapan, Jadwal Hingga 14 April 2021 Lansia Dapat Vaksin Covid-19

Baca juga: Kasus Meninggal di Kutim Bertambah Lagi Satu Orang, Kini Sudah 108 Kehilangan Nyawa Karena Covid-19

Sementara itu untuk biaya sekali tes masih belum disebutkan berapa kisaran yang dikeluarkan. Sebab saat ini pihaknya masih menunggu regulasi pusat terkait biaya minimal tes tersebut.

Untuk saat ini bagi penumpang yang akan berangkat melalui Bandara masih menggunakan hasil rapid tes antigen ataupun PCR.

Baca juga: Apel Kesiapsiagaan Pengendalian Covid-19 di Berau, Gubernur Kaltim Minta Satpol PP Harus Humanis

Rencananya alat GeNose itu diletakkan di luar terminal Bandara yang masih berada di kawasan APT Pranoto.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved