Breaking News:

Virus Corona di Kaltim

Bandara APT Pranoto Samarinda Resmi Pakai GeNose untuk Syarat Penerbangan, Berikut Biayanya

Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur resmi menggunakan GeNose pada Jumat.

TRIBUNKALTIM.CO/JINO KARTONO
Mulai hari Jumat (9/4/2021) Bandara APT Pranoto Kota Samarinda mulai menggunakan GeNose sebagai syarat untuk terbang. TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur resmi menggunakan GeNose pada Jumat (8/4/2021).

Lalu bagaimana syarat untuk bisa menggunakan tes GeNose sebelum menggunakan transportasi udara dari Bandara APT Pranoto, Kota Samarinda?

Kepala Bandara APT Pranoto Agung Pracayanto melalui pesan WhatsApp mengatakan saat ini pihaknya telah membuka di area utama Bandara.

Sebelum menggunakan GeNose, calon penumpang mendaftar terlebih dahulu.

Agung Pracayanto menjelaskan pendaftaran bisa dilakukan melalui online ataupun langsung ke tempat yang tersedia oleh pengelola Bandara. "Pendaftaran bisa melalui online atau on-site (ditempat)," ucapnya.

Karena ini masih dalam tahap awal dan alat yang dimiliki terbatas, pihak Bandara hanya dapat melayani 300 sampai 400 penumpang per hari.

Dalam satu jam alat tersebut dapat mendeteksi 40 calon penumpang.

Ia menjamin tidak akan terjadi lonjakan antrean ketika menggunakan GeNose. Sebab pihak Bandara bersama vendor resmi menyediakan tempat tes di beberapa titik bandara.

"Tersedia di tujuh lokasi. Namun Dalam operasionalnya lima aktif dan dua sebagai backup. Karena alat perlu pembersihan dalam waktu tertentu," ucapnya.

Biaya GeNose di Bandara itu tidak semahal rapid test ataupun test antigen. Penumpang hanya perlu membayar Rp 50 ribu untuk sekali tes.

Halaman
123
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved