Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Buruh Minta Disnakertrans Kaltara Tegas Selesaikan Kasus Tunggakan BPJS Ketenagakerjaan

Dalam aksi damai dan dialog interaktif peringatan May Day 2021, sejumlah aliansi buruh menyuarakan persoalan hak yang selama ini

TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
Dialog interaktif asosiasi buruh di gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Sabtu (1/5/2021) sore tadi.TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Dalam aksi damai dan dialog interaktif peringatan May Day 2021, sejumlah aliansi buruh menyuarakan persoalan hak yang selama ini masih ada yang belum terpenuhi.

Aksi damai dan dialog interaktif bertema "Mendobrak Arogansi Sistem BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan" itu, sejumlah persoalan mengenai hak pekerja dan keikutsertaan dalam BPJS ikut disoal.

Dalam paparannya dikatakan Ahmad Hamzah, Sekretaris DPC Kahutindo Kota Tarakan, pemilihan tema ini sengaja dicetuskan melihat satu contoh kasus yang melibatkan salah satu perusahaan sektor perkayuan di Tarakan sebut saja IT (nama perusahaan diinisialkan), yang diketahui sembilan bulan lamanya tak membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) pekerjanya.

Baca Juga: Polres Tarakan Ambil Sampel Swab Covid-19 Peserta Dalam Aksi Hari Buruh

Baca Juga: Peringati Hari Buruh, Disnaker Malinau Dorong Buruh Bentuk Serikat Pekerja, Cegah Penyelewengan Hak

Padahal diakui Hamzah berdasarkan laporan dari rekan-rekan pekerja yang bekerja di perusahaan yang bergerak di sektor perkayuan tersebut setiap bulannya selalu dipotong.

Dengan kasus tersebut, lanjut Ahmad, ini menyulitkan pekerja yang ingin mengklaim jaminan hari tua dan pensiun serta jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Itu baru satu persoalan yang selama ini dihadapi pekerja dan sampai saat ini masih berlarut-larut menunggu penyelesaiannya.

Di momen hari buruh ini dipaparkan Ahmad, tolok ukur kesejahteraan para buruh sebagai pekerja yakni pendapatan. Dalam istilah pendapatan, ada dua jenis pengupahan yang telah diatur.

Yakni upah minimum kota (UMK) dan upah minimum provinsi (UMP).

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved