Breaking News:

Virus Corona

Cara Distribusi Vaksin Covid-19 dalam Program Vaksiniasi Tiap Daerah di Indonesia Disorot DPR RI

Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan perlunya pemerintah memastikan distribusi yang tepat sasaran untuk mendukung program vaksinasi Covid-19

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Proses vaksinasi Covid-19 di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Minggu (2/5/2021). TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan perlunya pemerintah memastikan distribusi yang tepat sasaran untuk mendukung program vaksinasi Covid-19.

"Jadi jangan asal kerjakan vaksinasi namun di tengah upaya mencapai targetnya, ternyata masih banyak persiapan yang belum matang," ucap Putih, Sabtu (8/5/2021).

Putih menuturkan, kesiapan program vaksinasi merupakan langkah penting, khususnya terkait data kondisi di lapangan.

"Bagaimana ukuran pendataannya? Kan harus jelas. Mulai dari kebutuhan vaksin, sumber daya manusianya, dan tidak kalah penting mengenai cara distribusinya itu bagaimana sehingga tepat sasaran dan rencana," ujar Putih.

Baca Juga: WHO Setuju dengan Vaksin Covid-19 China Sinopharm, Mujarab 79 Persen Efektif

Putih juga menyoroti tentang sarana prasarana untuk vaksin, khususnya saat didistribusi hingga teknis penyimpanan yang sesuai prosedur.

Menurut dia, sejauh ini di lapangan masih ditemukan penggunaan alat penunjang di bawah standar seperti kotak pendingin minuman dipakai untuk membawa vaksin.

Menurut Putih, pemerintah awalnya masih terkesan menganggap mudah soal sarana prasarana menjaga kualitas vaksin Covid-19.

Namun faktanya banyak mengalami masalah ketika pelaksanaan.

Baca Juga: Menyusul Tsunami India, Kali Ini Nepal di Ambang Petaka Covid-19

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved