Berita Paser Terkini

Dishub Paser Bakal Melakukan Operasi ODOL, Sasar Truk Sawit Over Kapasitas

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kecamatan Batu Engau menyinggung ketegasan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Inayatullah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabaputen Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Kamis (27/5/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kecamatan Batu Engau menyinggung ketegasan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser dalam mengawasi adanya truk bermuatan sawit yang over dimensi maupun kapasitas.

Ditambah, saat ini Pemerintah Kabupaten Paser sedang gencar-gencarnya melakukan perbaikan infrastruktur jalan, utamanya peningkatan kualitas jalan poros antar Kecamatan di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Kamis (27/5/2021).

Tidak menutup kemungkinan, tiap harinya didapati truk muatan sawit over kapasitas maupun over dimensi.

Tentunya, hal itu perlu menjadi perhatian semua pihak, khususnya ketegasan dari Dishub Paser.

Baca Juga: Kasus Dugaan Investasi Bodong 212 Mart di Samarinda, Polisi Panggil 10 Saksi Termasuk Terlapor

Jika truk muatan sawit yang over kapasitas bebas melenggan dijalan raya, tentunya dapat mempengaruhi usia kualitas jalan dan lambat laun mengalami penurunan.

Menyikapi hal itu, Inayatullah selaku Kepala Dishub Kabupaten Paser menegaskan, pengawasan maupun penertiban bagi truk over kapasitas, sebelumnya pernah dilakukan di wilayah Kecamatan Kuaro.

Penertiban dilakukan pada April 2021 lalu, dimana supir truk yang tejaring diberikan efek jera dengan mengikuti sidang di Pengadilan Negeri.

"Pada tahun ini, ada penertiban (operasi)  untuk truk muatan kelebihan kapasitas, yaitu ODOL (Over Dimension Over Loading), sebelumnya sudah pernah di Ramadhan tahun ini, dan Rencananya akan kami lanjutkan kembali," katanya.

Baca Juga: Beberapa Kawasan di Samarinda Banjir, BMKG Sebut Pengaruh dari Fenomena Super Blood Moon

Diketahui, status jalan terbagi menjadi tiga kelas, diantaranya kelas I, II dan III. Masing-masing memiliki batas Muatan Sumbu Terberat (MST).

Setelah proses pengerjaan jalan yang dilakukan oleh Pemkab rampung, Dishub Paser dituntut dapat melakukan pengawasan super tegas bagi truk yang over kapasitas, baik di pedesaan maupun jalan-jalan utama di Kabupaten Paser.

Berkaitan dengan operasi ODOL, Dishub Paser bekerja sama dengan Polres Paser, Kodim 0904/TNG dan Satpol PP.

Selainnitu, Dishub Paser juga melibatkan personel dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan perwakilan Kalimantan Timur.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved