Breaking News:

Ibu Kota Negara

Konsep Smart City IKN Versi Rektor Universitas Balikpapan: Aman, Modern, dan Keindahan

“Jangan bangun IKN kalau tidak memastikan konsepnya aman dari banjir, macet, polusi dan bencana karena itu tujuan dipindahkannya IKN.

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Adhinata Kusuma
HO
Rektor Universitas Balikpapan, Dr Isradi Zainal 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kalimantan Timur bakal terwujud secara bertahap, lambat tapi pasti.

Berbagai tahapan persiapan telah dilakukan dan akan terus berlanjut.

Sejumlah kalangan turut mengawalnya, termasuk perguruan tinggi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Adalah Universitas Balikpapan (Uniba) yang berinisiatif. Melalui Rektor Dr. Ir. M. Isradi Zainal, M.T., M.H., M.M, Uniba turut mengambil peran dalam pembangunan IKN khususnya bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Pada Jumat (28/5/2021) pekan lalu, Uniba menyelenggarakan Webinar dan Talkshow bertema “Peran Pendidikan Tinggi Dalam Membangun dan Mengawal IKN”, sekaligus penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Uniba, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Webinar dan talkshow tersebut menghadirkan pembicara Rektor Uniba Dr Ir M Isradi Zainal MT MH MM; Rektor ITS Prof Dr Mochamad Ashari MEng IPU ASEAN Eng; Rektor ITK Prof Ir Budi Santosa MS PhD, serta Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr Ir Hetifah Sjaifudian.

BACA JUGA: Hetifah Dorong Sinergi Warga Kaltim di Jakarta, Promosikan Parekraf Kalimantan Timur sebagai IKN

Salah satu pertanyaan yang diungkapkan mengenai pemindahan IKN ke Kalimantan Timur yakni seberapa penting ibu kota untuk segera dipindahkan ke Kaltim saat ini?

Menjawab hal itu, Rektor Universitas Balikpapan Isradi Zainal memberikan penjelasannya.

Mantan Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kaltim tersebut menerangkan, konsep “Smart City” yang menjadi alasan untuk menempatkan IKN di Provinsi Kaltim.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved