Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Belum Miliki Perguruan Tinggi, Komisi IV Dukung Pembangunan Universitas Islam Penajam

Komisi IV DPRD Kaltim mendukung penuh rencana pembangunan Universitas Islam Penajam (UIP).

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Rapat dengar pendapat Komisi IV DPRD Kaltim dengan DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara dan Yayasan Pendidikan Islam Penajam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Komisi IV DPRD Kaltim mendukung penuh rencana pembangunan Universitas Islam Penajam (UIP).

Hal tersebut menjadi kesimpulan rapat Komisi IV dengan DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara dan Yayasan Pendidikan Islam, Senin (7/6).

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh rencana pembangunan tersebut, terlebih di Penajam hingga saat ini belum memiliki perguruan tinggi.

Baca juga: Ketaatan Wajib Pajak Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat, Akhmed Reza Fachlevi Sosialisasikan Perda

Kendati demikian, politikus PPP tersebut meminta agar pemilihan program studi (prodi) nantinya benar-benar diperlukan, khususnya pada IKN.

“Tidak sedikit perguruan tinggi yang sulit bersaing. Oleh sebab itu, pemilihan prodi maupun jurusan merupakan sesuatu yang penting,” ujar Rusman Ya’qub.

Sesuai dengan mekanisme, maka komisi IV akan merekomendasikan kepada pimpinan DPRD, termasuk alasan-alasan konkret sehingga perlu dibangunnya Universitas Islam Penajam.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Penajam Hasanuddin Hakam menjelaskan, ide awalnya tahun 2019 Presiden Jokowi ke Bukit Soeharto untuk mencari tempat yang cocok perpindahan IKN.

Kemudian Kaltim, dalam hal ini PPU dan Kukar, menjadi lokasi dibangunnya IKN dan meminta agar warga Kaltim tidak hanya menjadi penonton tetapi mampu berperan.

"Dari hasil survei dengan sampel ratusan orang dari berbagai RT di Penajam, setuju rencana dibangunnya perguruan tinggi. Dari hasil survei itu juga terungkap banyak lulusan SMA tidak meneruskan ke perguruan tinggi karena persoalan biaya," jelasnya.

Baca juga: Antisipasi Kendaraan ODOL di Jalan, Pemerintah Diminta Segera Bentuk Tim Pengawasan dan Penindakan

Ia menambahkan, perguruan tinggi yang dimaksud akan membuka lima prodi umum dan satu prodi agama.

"Bisa langsung jalan proses perkuliahan asalkan izinnya sudah keluar. Karena itu kami minta rekomendasi secara tertulis dari DPRD Kaltim terhadap rencana pembangunan UIP," harapnya.

Perguruan tinggi dimaksudkan bisa mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, profesional dan berintegritas yang bisa mengcover berbagai kebutuhan yang diperlukan IKN nantinya. (adv/hms4)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved