Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Timsel KPID Kaltim Dibentuk Bulan Ini, Tahapan dan Mekanisme Seleksi Akan Segera Diumumkan

Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin. DPRD Kaltim menargetkan pembentukan Tim Seleksi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kaltim pada Juli 2021 ini.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin. DPRD Kaltim menargetkan pembentukan Tim Seleksi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kaltim pada Juli 2021 ini. 

TRIBUNKALTIM.CO - DPRD Kaltim menargetkan pembentukan Tim Seleksi (Timsel) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim pada Juli 2021.

Hal itu mengingat mekanisme batas minimal pembentukan Timsel KPID Kaltim enam bulan sebelum berakhirnya masa jabatan komisioner pada 23 Januari 2022.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin sebagai bagian dari penyusun teknis seleksi mengatakan, pihaknya tengah menunggu surat dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim atas pembentukan Timsel Komisioner KPID Kaltim selanjutnya.

"Pembentukan Timsel KPID tinggal menunggu surat Diskominfo ke DPRD Kaltim. Juli ini sudah harus dibentuk karena masa jabatan Ketua KPID Kaltim akan berakhir 23 Januari tahun depan. Jabatan itu tidak boleh kosong," terang Jahidin.

Baca juga: BKD Sodorkan Formasi CPNS dan PPPK, Komisi I Minta Keringanan bagi PTT di Lingkungan Pemprov Kaltim

Sedangkan mengenai rincian persyaratan dan ketentuan lainnya tentang seleksi komisioner KPID Kaltim, nantinya dilakukan oleh timsel yang akan dibentuk.

Dalam hal ini, DPRD Kaltim memiliki wewenang dalam fit and proper test.

"Nanti panitia seleksi yang akan mengumumkan tahapan-tahapan dan mekanismenya. DPRD Kaltim hanya melakukan fit and proper test," tuturnya.

Timsel ini nantinya akan berisikan unsur akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan salah satu anggota yang pernah menjadi komisioner KPID Kaltim untuk memberikan masukan.

"Semua unsur tersebut dilibatkan agar saling mengisi," kata dia.

Terpisah, anggota Komisi I DPRD Kaltim M Udin menuturkan, dalam prosesnya kelak timsel harus melakukan seleksi secara netral, tanpa dipengaruhi unsur titip menitip sehingga para komisioner yang dihasilkan nantinya merupakan mereka yang berkualitas.

Baca juga: Mubes ke-IV Ika Pakarti Dihadiri Pimpinan DPRD Kaltim, Paguyuban Adalah Tali Pengikat

Setelah timsel terbentuk, kemudian akan dilanjutkan dengan pembukaan seleksi calon komisioner baru.

Pengumuman itu pun akan disebarkan melalui media sosial, cetak, maupun online.

"Mengenai tahapan dan materi sudah dipersiapkan dari sekarang. Kemungkinan pembukaan pendaftaran calon komisioner KPID Agustus mendatang," ungkapnya.

Sebab, lanjutnya,yang terpenting persiapan tahapan seleksi sudah harus dilakukan enam bulan sebelum masa jabatan habis.

"Persiapan seleksi harus dilakukan enam bulan sebelum masa jabatan berakhir," tukasnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved