Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Kukar Serius Kembangkan Sektor Pertanian, Edi: Perusahaan Siap Beli Jagung Petani

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah serius meningkatkan sektor pertanian di kabupaten yang dipimpinnya.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kukar Edi Damansyah saat menandatangani kerja sama antara Pemkab Kukar dengan sejumlah perusahaan terkait program budi daya dan kerja sama pembelian jagung pipil kering. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah serius meningkatkan sektor pertanian di kabupaten yang dipimpinnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Kukar, yaitu melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk peningkatan produksi pangan.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan acara penandatanganan kerja sama Pemkab Kukar dengan PT Indoditas Duta Raya, PT Restu Agropro Jayamas, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Petrokimia Kayaku, PT Asuransi Central Asia dan Bankaltimtara Cabang Tenggarong terkait program budi daya dan kerja sama pembelian jagung pipil kering di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) secara langsung dan virtual di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Selasa (17/8/2021) lalu.

"76 tahun Indonesia Merdeka, 7.600 hektare lahan Kukar Merdeka Pangan," ujar Edi usai menandatangani kerja sama.

Baca juga: Kukar Upayakan Dongkrak Peringkat Indeks Inovasi Daerah, Asisten I: Atasi Masalah Data

Edi Damansyah berharap melalui kerja sama ini, para petani di Kukar dapat mengembangkan kapasitas diri dan mampu meningkatkan produksi tanaman pangan di Kabupaten Kukar.

Dikatakannya, hal tersebut merupakan upaya dan keseriusan Pemkab Kukar dan lebih semangat dalam mengembangkan sektor pertanian.

"Tentunya semua ini dilakukan mengingat sumber daya alam yang tidak tergantikan pasti akan habis. Tentunya perlu adanya sektor yang dapat menggantikannya, salah satunya yakni sektor pertanian dalam arti luas dan pariwisata," ujar Edi.

Kukar Merdeka Pangan.
Kukar Merdeka Pangan. (Prokom)

Lebih Lanjut Edi menyebut, Pemkab Kukar berkomitmen pada prioritas potensi keunggulan yang dimiliki khususnya sektor pertanian dan pariwisata, sesuai dengan visi misi yang sudah dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

"Sektor pertanian dan pariwisata ini akan memberikan keuntungan dan dapat meningkatkan pendapatan asli Kukar. Maka dari itu kami akan terus melakukan optimalisasi terhadap potensi yang dimiliki," ujarnya.

Upaya yang dilakukan di lapangan, menurut Edi, yakni mengoptimalkan produksi pertanian dengan segala variannya dengan segala proses keunggulannya juga meningkatkan sumber daya manusia (para petani) baik dari manajemen pelatihan, pendampingan hingga evaluasi untuk perbaikan ke depannya.

"Saat ini, kami sudah membawa perwakilan perusahaan dan melakukan perjanjian kerja sama, tentunya semua ini guna meyakinkan para petani bahwa perusahaan ini siap bekerja sama untuk membeli hasil petani khususnya jagung pipil kering," kata Edi.

Baca juga: Kegiatan Rohani Korpri Ditingkatkan, Sunggono Ajak Bantu Anggota yang Isoman

Sementara itu, Direktur PT Indoditas Duta Raya Muhammad Umry Hasfirdauzy mengatakan, pihaknya siap melakukan kerja sama dan berkolaborasi meningkatkan pertanian di Kukar.

Turut hadir dalam penandatanganan kerja sama Kepala Dinas PMD Kukar H Dafip Haryanto, Kepala Pertanian Sutikno beserta jajaran di lingkungan Pemkab Kukar. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved