Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

DLHK Kerja Sama dengan GEO Trash, Pengolahan Sampah Plastik di Kukar Jadi Solar

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi menjalin kerja sama dengan PT GEO Trash, ditandai dengan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Penandatanganan kerja sama oleh Kepala DLHK Kukar, Alpian Noor dan Direktur PT GEO Trash Management, Andrew Peter Sinclair disaksikan Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono. 

TRIBUNKALTIM.CO - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi menjalin kerja sama dengan PT GEO Trash Management, ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang penyusunan perencanaan awal pemanfaatan sampah plastik dan organik  di Kantor DLHK Kukar, Tenggarong, pekan lalu.

Penandatanganan naskah tersebut dilakukan oleh Kepala DLHK Kukar Alpian Noor dan Andrew Peter Sinclair selaku Direktur PT GEO Trash Management, disaksikan Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono serta CEO atau pemilik PT Trash dari Australia secara virtual.

Baca juga: DPRD Kukar Setujui Rancangan Perubahan KUA-PPAS 2021

Dikatakan Alpian Noor, kerja sama dengan GEO Trash merupakan salah satu solusi untuk melakukan pengurangan limbah khususnya sampah plastik di Kukar.

"GEO Trash ini secara khusus nantinya akan mengolah limbah sampah plastik yang ada di Kukar dengan menghasilkan Geo Disel atau solar," katanya.

Menurut Alpian, kerja sama tersebut juga sudah disampaikan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah yang masuk dalam program dedikasi Kukar Idaman agar segera ditindaklanjuti dengan tahapan awal melakukan proses perencanaan dan kajian terkait seberapa banyak timbunan sampah yang ada di Kukar.

Selain itu, kata Alpian, GEO Transh akan membangun pabrik pengelolaan sampah dan akan membelinya sampah-sampah plastik dan organik yang kemudian diolah menjadi bahan bakar minyak jenis solar.

Baca juga: Bupati Bertekad Tingkatkan Produktivitas Pertanian Sekaligus Memudahkan Pemasaran Produk-produknya

Sementara itu, Direktur PT GEO Trash Management Andrew Peter Sinclair mengatakan, Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu dari tiga kabupaten/kota di Kaltim yang menjalin kerja sama, setelah Kota Samarinda dan Kota Bontang.

"GEO Trash menyambut baik atas kerjasama ini dan siap berinvestasi di Kukar, tentunya dengan administrasi seperti pengurusan perizinan, lokasi bagunan betul-betul aman dan legal. Semoga ke depannya akan terus berproses sampai pada tahap pengoperasian pengelolaan sampah plastik dan organik," harapnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved