Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Banjir Masih Menggenang, BMKG Samarinda Sebut Ada Gangguan Siklus

Hingga kini, pasca hujan dengan intensitas deras yang mengguyur Kota Samarinda beberapa waktu lalu, sejumlah kawasan masih di Kota Tepian ini

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO.
BERMAIN BANJIR-Anak bermain diawasi keluarganya di genangam Banjir di Jalan Pemuda 2 Kecamatan Sungai Pinang, Rabu (8/9/2021).Sudah 4 hari ini rumah warga dan sejumlah akses jalan terendam banjir. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO. 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA - Hingga kini, pasca hujan dengan intensitas deras yang mengguyur Kota Samarinda beberapa waktu lalu, sejumlah kawasan masih di Kota Tepian ini masih tergenang banjir.

Bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Samarinda Utara menjadi salah satu daerah yang sejak empat hari lalu hingga kini, Rabu (8/9/2021) masih tergenang.

Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda, Hambali menerangkan untuk wilayah Bengkuring masih dipenuhi banjir dengan rata-rata ketinggian air mencapai 20 - 80 centimeter.

"Ada juga penambahan di Kelurahan Bandara, tapi memang yang tidak jauh di bantaran sungai," kata Hambali saat dikonfirmasi media.

Menurutnya, banjir yang masih melanda ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Yakni selain akibat hujan yang terus melanda, pasang surut pada Sungai Mahakam juga ikut mempengaruhi.

Baca juga: Warga Baru Ulu Siap Direlokasi, Lokasi Pembangunan RS Balikpapan Barat Rawan Banjir Rob

Baca juga: Anggota DPRD Samarinda Bongkar Penyebab Banjir, Jasno Karena Alih Fungsi Lahan juga Curah Hujan

Baca juga: DPRD Samarinda Soroti Alih Fungsi Lahan Jadi Penyebab Banjir, Minta Pemkot Tegas

Di mana Sungai Mahakam sedang dalam kondisi pasang, sehingga aliran air dari kawasan Samarinda Utara tak bisa mengalir lebih cepat.

"Tadi pagi saya lihat ternyata (Sungai Mahakam) sedang pasang. Malahan di Sungai Karang Mumus itu arusnya keatas (hulu). Air Mahakam masuk ke Karang Mumus, makanya di Bengkuring itu lambat turun airnya," bebernya.

Ia bahkan memprediksikan jika genangan banjir tidak akan surut d ngan cepat.

Sebab lanjutnya, menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Samarinda, sepekan terakhir hujan tetap akan terus terjadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved