Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Tunjang Kelancaran Tugas dan Fungsi, Sekretariat DPRD Kaltim Selenggarakan Rakor Penyusunan Program

Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) penyusunan program dengan tema penyamaan persepsi target

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Sekdaprov Kaltim Muhammad Sa'bani bersama Sekretaris DPRD Kaltim Muhammad Ramadhan, Kabag Umum dan Keuangan Hardiyanto dengan sejumlah narasumber Plh Kepala Bidang Pemerintahan Bappeda Kaltim Sukandar, Kepala Bidang Penganggaran BPKAD Kaltim tentang Iwan Darmawan, Karo administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim Lisa Hasliana. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretariat DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) penyusunan program dengan tema penyamaan persepsi target, indikator, program dan kegiatan sekretariat DPRD provinsi dan kabupaten/kota se-Kaltim, Sabtu (11/9/2021).

Sekretaris DPRD Kaltim, Muhammad Ramadhan mengatakan, acara ini diselenggarakan dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi sekretariat DPRD provinsi dan kabupaten/kota dalam rangka memfasilitasi dan memberikan pelayanan kepada anggota DPRD.

Baca juga: Komisi II DPRD Kaltim Dorong BPKAD Gesit Tingkatkan PAD

Ia menyebutkan, menyamakan persepsi atau memberikan pemahaman dan menambah wawasan terhadap pejabat atau staf di lingkungan sekretariat DPRD se-Kaltim dalam rangka penyusunan target indikator program dan kegiatan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Adapun seperta rakor Sekretaris DPRD kabupaten/kota se Kaltim dan para pejabat struktural serta staf penyusunan program.

Sedangkan narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dan Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Kaltim.

"Harapannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya agar selain silahturahmi dan hubungan kerja dapat terjalin dengan baik sehingga permasalahan atau kendala-kendala yang kita hadapi dalam memfasilitasi dan memberikan pelayanan kepada anggota DPRD dapat dilaksanakan dengan baik," jelasnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Muhammad Sa'bani yang hadir memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara menyampaikan sekretariat DPRD merupakan bagian dari pemerintah, namun bertugas dalam menunjang fungsi dan tugas kedewanan.

Sekretariat DPRD memiliki peran peting sebagai jembatan atau fasilitator antara pemerintah dan anggota DPRD.

"Harus mampu menyembatani karena itu harus update peraturan-peraturan perundang-undangan hingga peraturan menteri. Ini penting bagi jajaran sekretariat," ucapnya.

Baca juga: Komisi III Minta Sanksi Tegas Penabrak Jembatan Mahakam

Selain itu, dituntut untuk rajin membaca Permendagri tentang sistem informasi pembangunan daerah, penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah, penyusunan rencana kerja pemerintah daerah dan lainnya.

"Perlu fleksibel, ada kalanya harus tegas dan ada kalanya harus sabar sebab sebagai jembatan antara DPRD dan Pemerintah yang terpenting bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku. Saya berharap sekretariat memahami, tugas dan fungsi, tata kerja, sistem-sistem yang ditetapkan oleh pemerintah," katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dan diskusi oleh Plh Kepala Bidang Pemerintahan Bappeda Kaltim Sukandar, kepala Bidang Penganggaran BPKAD Kaltim tentang Iwan Darmawan, Karo administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim Lisa Hasliana, dan dipandu oleh moderator Staf Ahli DPRD Kaltim Surahman.

Hadir jajaran panitia rakoor, Kepala Bagian Umum dan Keuangan Hardiyanto, Kepala Sub Bagian Keuangan Natalin Siagian, Kapala Sub Bagian TU dan Kepegawaian Dahliana, Kepala Sub Bagian Rumah Tangga M Irsan Arisadikin, dan lainnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved