Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Mulai Oktober Naik Pesawat dan Kereta Api Bisa tanpa Aplikasi PeduliLindungi, Cukup NIK KTP

Mulai bulan Oktober 2021, naik pesawat dan kereta api bisa tanpa aplikasi PeduliLindungi, Cukup dengan nomor induk kependudukan yang tertera di KTP.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi. Sejumlah penumpang sedang menunggu jadwal penerbangan di ruang tunggu Bandar Internasional Ahmad Yani Semarang, Rabu (1/9/21). 

TRIBUNKALTIM.CO - Mulai bulan depan, Oktober 2021, naik pesawat dan kereta api bisa tanpa aplikasi PeduliLindungi, Cukup dengan nomor induk kependudukan yang tertera di KTP.

Selama pandemi Covid-19 peraturan perjalanan memang diperketat.

Ada syarat-syarat yang diterapkan saat naik kendaraan umum seperti kereta api dan pesawat.

Baca juga: Syarat Naik Pesawat Terbaru Lion Air, Citilink & Garuda, Anak di Bawah Usia 12 Tahun Boleh Terbang?

Baca juga: BARU, Syarat Naik Pesawat Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Wings Air & Batik Air ke Daerah PPKM

Baca juga: SYARAT Naik Pesawat Terbaru Lion Air, Batik Air dan Wings Air, Cek Aturan Penerbangan yang Berlaku

Pemerintah membuat kebijakan bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi, saat hendak melakukan perjalanan udara dan kereta api.

Seperti dilansir dari Kompas.com, kebijakan naik KA dan pesawat tanpa aplikasi PeduliLindungi ini diberlakukan mulai Oktober mendatang, sebagaimana disampaikan Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji.

Kendati demikian, kebijakan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mempunyai ponsel pintar dan mereka yang tidak dapat mengakses aplikasi PeduliLindungi.

Melalui nomor induk kependudukan (NIK) saat membeli tiket, mereka tetap teridentifikasi status hasil swab PCR maupun antigen dan sertifikat vaksinnya.

“Sudah kami berlakukan di bandara, misalnya di bandara itu bahkan di tiket sudah kita integrasikan. Kalau naik kereta api itu sudah tervaludasi pada saat pesan tiket, sehingga tanpa menggunakan handphone pun itu bisa diidentifikasi bahwa yang bersangkutan sudah memiliki vaksin dan ada hasil tesnya (PCR atau antigen),” kata Setiaji, melalui keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Cara Cek dan Scan Barcode Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi Cukup dengan NIK Untuk tempat yang tidak terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, lanjut dia, masyarakat dapat memeriksanya secara mandiri.

Caranya cukup masukkan NIK pada aplikasi PeduliLindungi, dan otomatis muncul keterangan yang bersangkutan statusnya layak atau tidak masuk ke tempat tersebut.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved