Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Jadi Kado HUT ke-22 Nunukan, Disdukcapil akan Luncurkan Mesin ADM, Bisa Cetak Dokumen Kependudukan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nunukan, Akhmad mengatakan, mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) jadi kado ulang

Editor: Rahmad Taufiq
HO/AKHMAD
Disdukcapil Nunukan melakukan percobaan mencetak dokumen kependudukan melalui mesin ADM di Gedung Perpustakaan Daerah Nunukan, belum lama ini. Mesin ADM akan segera diluncurkan dan menjadi kado istimewa HUT ke-22 Kabupaten Nunukan. HO/AKHMAD 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nunukan, Akhmad mengatakan, mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) jadi kado ulang tahun ke-22 Kabupaten Nunukan.

Menurut Akhmad, ADM merupakan alat inovasi dari Dirjen Dukcapil untuk mempermudah layanan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan.

Dia menyebut mesin ADM memiliki bentuk yang sangat mirip dengan mesin ATM, hanya saja fungsi keduanya berbeda.

"Kalau mesin ATM tempat mengambil uang, mesin ADM tempat ambil dokumen kependudukan. Nanti, selesai upacara HUT ke-22 Kabupaten Nunukan, kita akan launching di Kantor Bupati Nunukan. Ini jadi kado ulang tahun buat Nunukan," kata Akhmad kepada TribunKaltara.com, Kamis (7/10/2021).

Akhmad mengatakan, mesin ADM tersebut hanya bisa mencetak tiga jenis dokumen kependudukan, yakni KTP, KK, dan Akta Lahir.

Baca juga: Disdukcapil Siap Permudah Urus Adminduk Korban Kebakaran di Malinau Hilir

Baca juga: Program Akta Kelahiran Siap Terbit Masih Terkendala Perangkat, Ini Target Disdukcapil Malinau

Baca juga: Optimalkan Capaian Pelaporan Kematian, Disdukcapil Kukar Libatkan 3.058 Ketua RT

Mengenai proses pengambilan dokumen kependudukan melalui mesin ADM itu, kata Akhmad, harus terlebih dahulu mengajukan permohonan dokumen ke Disdukcapil melalui email atau WhatsApp (WA).

"Format pesannya nanti kami sosialisasikan. Yang jelas, pemohon email atau WA ke kami, dokumen apa yang mau dicetak. Nanti setelah kami proses, akan kami balas pesan pemohon dengan mengirim password dan ID. Yang mana itu akan dimasukkan pada saat ingin mengambil dokumen di ADM," ucapnya.

Mesin ADM akan ditempatkan di lantai satu Gedung Perpustakaan Daerah Nunukan.

Bagi warga Nunukan yang bingung dengan penggunaan mesin ADM, tak perlu khawatir, karena akan ditempatkan pegawai Disdukcapil untuk memberikan petunjuk penggunaannya.

"Nanti akan kita tempatkan pegawai untuk menuntun warga yang belum paham dengan pengoperasiannya. Ini gratis. Jadi sekarang layanan kependudukan sangat praktis. Tidak harus ke Capil. Apalagi kita masih dalam situasi pandemi," ujarnya.

"Sekarang untuk cetak KK atau akta bisa sendiri. Caranya, tetap sama ajukan ke Capil permohonan via email atau WA, nanti kami kirim lewat email dalam bentuk PDF. Warga tinggal print sendiri. Pakai kertas A4 ukuran 80 cm. Kecuali KTP nanti pakai ADM saja," tambah dia.

Baca juga: Sempat Ditutup, Kini Kantor Disdukcapil Berau Kembali Layani Masyarakat

Layanan Jemput Bola Direncanakan di Wilayah Krayan

Mengenai layanan jemput bola, beber Akhmad, tetap berjalan.

Belum lama ini, kata Akhmad, pihaknya melakukan layanan jemput bola kependudukan di Sembakung Atulai dan Lumbis.

"Kami lagi wacanakan layanan jemput bola ke Krayan. Kami melayani masyarakat tiada henti sekalipun Covid-19, tetap melalui online," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved