Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Terkait Kejelasan Batas Administrasi di Mahulu, Ditargetkan Oktober Terbentuk Tim Batas Wilayah

Wakil Bupati (Wabup) Yohanes Avun menilai penetapan, penegasan dan pengesahan batas administrasi kampung sangat penting untuk segera dituntaskan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wakil Wabup Mahulu Drs Yohanes Avun (tengah) didampingi Sekda Stephanus Madang (kiri pertama) dan Asisten 1 Dodit Agus Riyono saat Memimpin rakor percepatan dan penegasan batas administrasi kampung di lima kecamatan di Mahulu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kejelasan batas antar kampung menjadi perhatian Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu).

Wakil Bupati (Wabup) Yohanes Avun menilai penetapan, penegasan dan pengesahan batas administrasi kampung sangat penting untuk segera dituntaskan.

Kejelasan tapal batas, kata Wabup, akan memberi kepastian hukum bagi warga, pemerintah dan pelaku usaha.

Oleh karena itu, ia berpesan agar pekerjaan rumah ini diselesaikan lewat prosedur hukum yang benar agar menghindari persoalan di kemudian hari.

Baca juga: Beasiswa GCM Bukti Pemkab Serius Tingkatkan SDM, Jalin Kerja Sama dengan Tujuh Perguruan Tinggi

Pria yang pernah menjabat sebagai sekretaris daerah Mahulu ini menyebut, kejelasan batas wilayah administratif di suatu kampung berpengaruh kepada besar kecilnya transfer dana desa dari pusat.

Secara sederhana, kampung dengan wilayah administrasi yang luas mendapatkan kucuran dana yang lebih besar dibandingkan kampung dengan wilayah yang kecil.

Begitu pula bagi masyarakat, kejelasan batas kampung memberi kepastian hukum dalam mengelola sumber ekonomi di suatu wilayah.

Sementara bagi pelaku usaha, kejelasan batas administrasi antar kampung juga akan memberikan kepastian menanamkan investasinya di Mahulu.

Sebaliknya, berkaca dari berbagai daerah, ketidakpastian batas antar kampung berpotensi besar menghambat investasi dan atau memicu konflik di dalam atau antar kampung.

Meski sejauh ini belum ada sengketa batas kampung di Mahulu yang berujung konflik menjurus aksi anarkis, antisipasi dini tetap perlu dilakukan.

Baca juga: Mahulu Zona Hijau, Wajib Prokes Tetap Berlaku

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved