Breaking News:

Berita Berau Terkini

Perluasan atau Pemindahan TPA Bujangga Kabupaten Berau Memerlukan Waktu Lama

DLHK Berau belum memastikan kapan waktu terbaik untuk pemindahan TPA Bujangga, dalam mendukung pembangunan rumah sakit tipe B.

HO/DLHK Berau
TPA Bujangga di Kabupaten Berau perlu dipindahkan untuk pembangunan Rumah Sakit Tipe B.  HO/DLHK Berau 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEBDLHK Berau belum memastikan kapan waktu terbaik untuk pemindahan TPA Bujangga, dalam mendukung pembangunan rumah sakit tipe B.

Sebabnya, proses penyediaan lahan pengganti TPA Bujangga memakan waktu yang cukup lama. Tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Karenanya, DLHK memastikan sejumlah paket kegiatan yang telah disusun akan dijalankan di TPA Bujangga tetap dilanjutkan.

“Yang akan berjalan kan penambahan lubang tempat sampah di sisi belakang dari yang ada saat ini. DED nya terus berjalan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR),” ujar Kepala DLHK Berau Sujadi, Kamis (14/10/2021).

Sujadi mengakui, akan sangat mengganggu kenyamanan pengunjung rumah sakit bila keberadaan TPA Bujangga tetap di lokasi saat ini.

Tetapi, proses pembangunan RS belum pasti dan tentu memakan waktu cukup lama. Sementara pemanfaatan TPA Bujangga akan terus berjalan seperti biasanya.

Baca juga: Wacana Pembangunan Rumah Sakit Tipe B di Lahan Inhutani, Pemkab Berau Harus Relokasi TPA Bujangga

Baca juga: NEWS VIDEO Wakil Bupati Berau Agus Tantomo Tinjau TPA Bujangga

Baca juga: 10 Persen Rumah di Kabupaten Berau Tidak Layak Huni, Bantuan DAK Pemerintah Pusat

Pihaknya juga belum melakukan pembahasan kapan dan dimana lokasi alternatif pengganti TPA Bujangga bila nanti akan dipindahkan. DED yang ada saat ini sudah dirancang sejak lama untuk zona kedua TPA Bujangga.

“Sekarang gini, kalau lebih baiknya karena DED sudah disusun, mungkin TPA Bujangga bisa dioperasikan sepanjang dengan kehati-hatian. Apalagi lokasi lubang atau zona kedua ini agak menjauh dari yang sekarang,” ungkapnya.

Sementara, pihaknya harus bersiap diri mencari lokasi lain karena pengembangan kota semakin pesat. Dan proses tidak sebentar.

Hanya yang jadi masalah kata Sujadi, yang paling mendesak ini bagaimana sampah dari masyarakat itu bisa tertangani dengan baik. Semua kembali kepada pemerintah daerah lagi, jika ingin langsung mencari lokasi baru.

Baca juga: Tinjau Pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman, Wabup Berau Sebut Bisa Digunakan 2024 Mendatang

Maka sampah harian warga mau dibuang ke mana. Sementara lubang penampungan sampah pertama atau zona satu telah overload.

Memang ada terpikir ingin memanfaatkan eks lubang tambang yang sudah tidak aktif, tapi apakah itu secara lingkungan bisa aman. Tapi tetap juga harus melalui kajian lingkungan.

Kalau pemda bisa mempercepat proses pencarian lahan TPA pengganti tentu bisa lebih cepat dari yang dipikirkan.

“Ada sih langkah-langkah seperti itu untuk mempercepat pemindahan TPA nantinya. Yang pasti selama belum ada kepastian dan kejelasan lokasi TPA baru ya akan tetap di Bujangga,” tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved