Breaking News:

Berita Paser Terkini

Puslitbang Polri Sambangi Polres Paser, Lakukan Penelitian Terkait Keselamatan Pengguna Jalan

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri menyambangi Polres Paser di Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot, Kalimantan Timur

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri saat menyambangi Polres Paser, pada Rabu, 13 Oktober 2021 kemarin, bertujuan untuk melakukan penelitian terkait optimalisasi tingkat pengguna jalan yang berkeselamatan untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar lantas) di daerah.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO,TANA PASER - Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri menyambangi Polres Paser di Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Kedatangan Tim Peneliti dan Supervisi di Bumi Daya Taka pada Rabu, 13 Oktober 2021 kemarin, dikarenakan Polres Paser menjadi salah satu objek penelitian Puslitbang Polri di wilayah Kabupaten Paser.

Penelitian berkaitan dengan optimalisasi tingkat pengguna jalan yang berkeselamatan untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar lantas) di daerah.

Kehadiran Tim Puslitbang Polri disambut langsung Kapolres Paser yang diwakili oleh Kabag SDM AKBP Tohari Kuswitanto, dengan ucapan selamat datang Ketua Tim Puslitbang Polri dan Jajaran di Polres Paser.

Baca juga: Kejar Akreditasi, Kepala DKP Paser Jalin Kerjasama dengan Banyak Pihak Dongkrak Kinerja Perpustakaan

Baca juga: Damkar Paser Beri Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas di Belengkong dalam Tangani Kebakaran

Baca juga: 15 Desa di Paser Masih Blank Spot, Kepala Diskominfo Sebut Mestinya Jadi Kewajiban Operator Seluler

"Kami sangat berterimakasih atas kunjungan Tim Puslitbang Polri, dan menyampaikan permohonan maaf kami bila ada kekurangan dalam penyambutan kami," kata Kapolres Paser AKBP Eko Susanto dalam amanatnya yang dibacakan Kabag SDM AKBP Tohari Kuswitanto.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Supervisi Puslitbang Polri Kombes Pol. Saefuddin Mohamad mengatakan, kedatang tim dari Polri bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap (keterampilan) dan persepsi pengguna jalan dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas.

"Hal itu berdasarkan data laka lantas dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 mengalami kenaikan, sedangkan di tahun 2020 mengalami penurunan karena pandemi covid-19, namun dari segi fatalitas korban meninggal dunia masih tinggi," terangnya.

Selain itu, kunjungan juga dalam rangka optimalisasi tingat pengguna jalan yang berkeselamatan untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas tahun 2021.

"Penelitian melibatkan akademisi, dimulai dari adanya data tingkat kecelakaan lalu lintas yang relatif tinggi khususnya yang menyebabkan korban meninggal dunia," sebut Saefuddin.

Dikatannya, ada beberapa faktor yang menyebabkan angka kecelakaan tinggi, antara lain adanya kelalaian pengguna jalan (faktor manusia), faktor alam/lingkungan, faktor kendaraan dan faktor keadaan jalan itu sendiri.

Baca juga: Ikut Hadiri Bimtek KPK, Wabup Paser Ajak Masyarakat Ciptakan Budaya Antikorupsi

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved