Berita Pemkab Mahakam Ulu

Sekda Mahulu Hadiri Bimtek Antikorupsi, Wujudkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Berintegritas

Bupati Mahakam Ulu ( Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH., ME yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Mahulu Dr. Stepanus Madang, S.Sos., M.M.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Sekda Mahulu, Stepanus Madang (pertama dari kanan) berfoto bersama Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bajuri dan Gubernur Kaltim Isran Noor saat menghadiri kegiatan Bimtek Antikorupsi di Swiss-Belhotel Balikpapan, Rabu (13/10/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu ( Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH., ME yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Mahulu Dr. Stepanus Madang, S.Sos., M.M. menghadiri kegiatan bimbingan teknis (bimtek) antikorupsi bertema "Wujudkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Berintegritas dengan Pelibatan Peran Serta Masyarakat".

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini dibuka oleh Ketua KPK Firli Bahuri ditandai dengan penabuhan gong, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan yang digelar di Swiss-Belhotel Balikpapan ini juga dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor. 

Baca juga: Bupati dan Dandim Kunjungi 3 Kampung, Pastikan Kelancaran Pemilihan Petinggi di Kecamatan Long Apari

Pada kesempatan itu, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan, banyak yang beranggapan korupsi itu sebagai budaya.

Untuk itu, KPK mengkaji bagaimana mengubah dari budaya korupsi menjadi budaya antikorupsi.

"Kalau kita mengganggap korupsi ini adalah budaya, maka tidak bisa dihentikan. Karenanya KPK melakukan upaya untuk mengubah budaya korupsi menjadi antikorupsi," tegasnya.

Lebih Ketua KPK menjelaskan, terkait tema ini KPK menyadari begitu banyak tindak pidana korupsi dengan berbagai jenis dan rupa.

Untuk melakukan pemberantasan tindak korupsi ini KPK diberikan mandat sebagaimana tercantum didalam UU yang mengatur tugas pokok KPK.

"KPK melakukan tindakan-tindakan pencegahan sehingga tidak terjadi korupsi, tanpa upaya dan tindakan keras tentu tidak akan berhasil, karena itu hari ini kita melakukan bimtek terkait dengan budaya antikorupsi," jelasnya.

Baca juga: Bupati Mahulu Sampaikan Jawaban Atas PU Fraksi di DPRD

Sementara Sekda Mahulu Dr Stepanus Madang, S.Sos., M.M. mengungkapkan, kegiatan ini sangat bagus karena termasuk dalam konteks 3P dalam kinerja KPK yakni pendidikan, pencegahan dan penindakan dengan melibatkan peran masyarakat di dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved