Breaking News:

Bantuan Sosial

Tahun 2022 Mendatang, Kementerian Sosial Usulkan Seluruh Anak Yatim Terima Bantuan Sosial

Kementerian Sosial pun telah mengusulkan beberapa alokasi anggaran, salah satunya bansos bagi seluruh anak yatim di seluruh Indonesia yang berasal

Editor: Diah Anggraeni
Istimewa via Tribun Pontianak
Kementerian Sosial mengusulkan alokasi anggaran bantuan sosial bagi seluruh anak yatim di Indonesia yang berasal dari keluarga tidak mampu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah akan melanjutkan program bantuan sosial (bansos) Kementerian Sosial pada tahun 2022 mendatang.

Kementerian Sosial pun telah mengusulkan beberapa alokasi anggaran, salah satunya bansos bagi seluruh anak yatim di Indonesia yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Diungkapkan Menteri Sosial Tri Rismaharini, bansos itu tak hanya diberikan kepada anak yatim yang orangtuanya meninggal karena Covid-19, tetapi seluruh anak yatim dari keluarga tidak mampu.

"Sekarang ini kami mengusulkan 2022 untuk anak yatim seluruhnya. Tapi saya tidak tahu disetujui atau tidak. Seluruhnya, bukan hanya korban Covid-19," kata Risma di Makam Presiden Soekarno di Kota Blitar, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Bansos PKH Tahap 4 Cair, Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima

Risma menambahkan, bantuan sosial kepada anak yatim korban Covid-19 akan diberikan oleh Kementerian Sosial hingga Desember 2021.

Menurutnya, bantuan tersebut sebagai bantuan kemanusiaan atas beban psikologis yang mereka alami akibat tragedi pandemi Covid-19.

Risma menyebut bantuan itu diberikan karena anak yatim korban Covid-19 mengalami syok.

"Sampai Desember ini (bantuan) untuk anak korban Covid-19 karena mereka syok, karena tidak boleh lihat orangtuanya yang sakit, kan tidak boleh dampingi," ujarnya.

Menurut Risma, pukulan mental yang dialami anak yatim korban Covid-19 cukup berat karena selama orang tuanya sakit mereka tidak dapat mendampingi.

"Beda dengan sakit biasa kan bisa ketemu. Kalau ini kan ndak bisa ketemu mereka. Jadi mereka syok sekali," ujarnya.

Baca juga: Lanjutkan Program Bansos pada Tahun 2022, Pemerintah Anggarkan Rp 74,08 T, Apa Saja yang Bakal Cair?

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved